Wednesday, September 9, 2015

Dirawat di MRCCC Siloam Semanggi


Coba tebak kita abis dari mana.

MRCCC Siloam Hospital, hyahahaha.

Akhirnya dirawat juga di situ xD

I know, I know. Di postingan dulu-dulu saya dan Ibu sempet bilang gak mau berobat ke sana. Saya gak mau terlalu mewah, dan Ibu juga pengennya di Dharmais aja yang udah biasa ke sana. Ehhh, ternyata akhirnya butuh juga. Alhamdulillah Ibu pun nyaman di MRCCC :)

Jadi awalnya itu adalah, Ibu batuk pilek. Lama-lama kok gak baik-baik. Malah makin parah. Batuknya makin berat, badan Ibu panas, napasnya senep dan gak bisa tidur. Gak bisa makan pula karena gak napsu. Tiap saat dia mengerang kayak kesakitan.

Akhirnya Ibu kami bawa ke RS JMC. (Padahal kemarin abis kontrol ke dr. Nugroho.) Di JMC, Ibu masuk via IGD. Dokter jaganya namanya dr. Junan, dan kebetulan dokter jaga di Dharmais juga. Pas kami bilang pasien dr. Nugroho, dr. Junan tanya-tanya.

- Ada resep gak dari dr. Nugroho?
- Ada. Antibiotik Cefadroxil dan OBH.
- Harusnya itu diminum aja. Soalnya Ibu kemungkinan besar ada infeksi di paru. Opa itu dokter yang paling gak pernah kasih antibiotik kalo gak perlu banget.

Glek. Nyesel banget. Kemarin Ibu minta minum antibiotiknya tapi gak saya kasih. Karena saya yakiiin banget Ibu cuma batuk pilek biasa. Gak butuh antibiotik. Pas kontrol kemarin dr. Nugroho juga gak meriksa apa-apa sama sekali, cuma ngeliat dari jauh aja, trus langsung ngeresepin. Berarti sebenernya gak apa-apa, kan? Gitu pikiran saya.

Ternyata... Emang beda ya pengalaman dokter puluhan tahun di Dharmais sama cuma bekal baca-baca di internet doang  :'(

Makanya jangan sok tau  :'(  Nyesel banget... Nyesel gak nebus obat... Nyesel gak percayain dr. Nugroho dan udah jadi sok pinter  :'(

Ya udah, abis itu kami minta rawat inap karena Ibu lemah dan nahan sakit terus. At least untuk perbaikan kondisi umum dulu aja.

Hasil ronsen menunjukkan positif pneumonia interstitialis. Ibu sempet diberi inhalasi dan dikasih dua antibiotik: Ceftriaxone dan Levofloxacin via infus.

Sebenernya JMC itu bagus. Bapak yang hipertensi, detak jantung tak teratur, post-stroke dan ginjalnya menurun pun dirawat dengan baik oleh tim dr. Maruhun Bonar di sana. Cuma, karena Ibu kasusnya spesial MM, kami sekeluarga jadi deg-degan tiap kali mau diberi obat. Ini boleh gak ya? Itu boleh gak ya? Jadi khawatir terus. Jangan-jangan gak boleh.

Kami udah bilang sih kalo Ibu ada MM. Cuma, kami ngerasa lebih baik jaga-jaga aja deh. Udah gitu, nanti hematolognya baru lagi. Dokternya jadi dua deh. Wah. Lumayan juga kalo bayar sendiri. Ibu pun udah minta pindah ke Dharmais. Maunya sama dr. Nugroho. Yawis artinya kami sepakat untuk pindah.

Saya minta kakak jelasin ke Ibu kalo Dharmais antriannya paaanjang banget. Kalo mau cepet, mendingan ke MRCCC. Di sana sama dr. Nugroho juga. Ibu tadinya tetap mau Dharmais, tapi akhirnya mau juga ke MRCCC.

Kami hanya semalam di JMC, besok siangnya langsung pindah ke MRCCC. Dokter JMC juga langsung mengizinkan.

Di MRCCC, Ibu masuk via IGD. Ibu dicek semua mulai dari darah lengkap, SGOT SGPT glukosa dll. Mirip medical check up mini lah. Habis itu pindah ke kamar.

Sebelum Ibu datang, saya dan suami udah duluan ke MRCCC. Kami konfirmasi ke suster IGD kalo Ibu pasien dr. Nugroho, dan mau pindah ke sini dari RS lain. Penjelasan susternya oke banget. Lengkap, jelas, ramah, dan sangat membantu. Menyenangkan banget. Namanya Suster Tantria. (Rambutnya keren lagi. Bob superpendek tapi poninya panjang. Asik deh.)  Kami juga ngecek ketersediaan kamar di bagian admission rawat inap. Alhamdulillah kelas 3 masih ada. Ini yang paling murah. Per hari Rp175.000,-.  Setelah semua sudah oke, baru Ibu kami bawa ke MRCCC.

Kami pakai pembayaran pribadi. Bukan BPJS.

Kalau BPJS, masuknya harus dari poli BPJS. Baru nanti dikasih pengantar rawat inap. Dokternya juga tertentu saja. Karena Dr. Nugroho gak termasuk yang dicover BPJS, kami lewat jalur pribadi dulu.

Ibu dirawat di kamar 3006 di lantai 30. Sekamar ada 4 orang, tapi kemarin Ibu cuma berdua sama sebelahnya. Dr. Nugroho udah dihubungi oleh petugas IGD dan beliau udah oke mau rawat inap.

Ini pertama kalinya kami berobat di luar Dharmais, tapi alhamdulillah dr. Nugroho inget sama Ibu. Pasien MM Dharmais yang pake Askes. Yang pensiunan Depdagri. Yang anaknya suka bolos kerja nganterin Ibu ke Dharmais.

Ruangan dan fasilitasnya enaaak banget  :)  Nanti silakan liat review-nya di postingan abis ini ya.

Pas keesokan pagi saya datang, saya ngeliat dr. Nugroho di lobi. Rupanya beliau juga baru sampai.

Saya melambaikan tangan. Dr. Nugroho langsung nyamperin.

- Kenapa Ibu?
- Batuk-pilek gak baik-baik. Trus anget. Napasnya juga senep. Kayaknya juga nahan sakit.
- Iya itu kelamaan batuknya jadi masuk ke paru-paru. Kok gak di Dharmais? Lama ya antrinya?
- Iya. Makanya ke sini dulu. Yang penting sama dr. Nugroho Ibu maunya.
- Ya udah nanti saya ke sana. Saya mau ke (poli) bawah dulu.

Fyuh, alhamdulillah dr. Nugroho baiiik banget  :')  Alhamdulillah udah ketemu juga. Berarti saya gak ketinggalan visit pagi.

Setibanya di atas, Ibu habis sibin (bahasa jawa, artinya mandi pake lap badan). Dua jam kemudian, sekitar jam 9-an, dr. Nugroho visit. Saya nyeritain riwayat treatment sebelumnya di JMC, dikasih Ceftriaxone dan Levofloxacin. Kata dr. Nug, Levofloxacin lanjut aja, tapi Ceftriaxone diganti sama Cefotaxime. OBH tetap diminum 4 kali sehari. Soalnya batuknya banyak banget dahaknya.




Pas ngeliat hasil ronsen, dr. Nug bilang ada infeksi di paru-paru, tapi sedikit. Gak apa-apa.

Dr. Nugroho juga ngasih tau kalo BPJS harus dari awal. Tapi beliau bilang, paling dirawat 3 hari aja. Treatment hanya dua antibiotik tadi aja. Sama OBH.

Hari pertama dirawat berjalan biasa aja, alhamdulillah. Saya pulang sore untuk gantian jaga sama asisten. Besok paginya pas saya datang agak siang, ternyata.... IBU UDAH BOLEH PULANG!!  :)))

Saya ketinggalan visit dokter, tapi intinya gitu. Ibu udah boleh pulang. Bahkan lebih cepet dari perkiraan dokter yang 3 hari.

Di rumah nanti minum antibiotik Cefadroxil 500 mg, sehari 3x, sebanyak 20 butir sampe abis gak boleh putus. Sama OBH juga lanjut. Sama persis kayak resep pas kontrol di Dharmais kemaren :))  Makanya jangan sok tau ya Mbak Widya...

Kami langsung mengurus semuanya dan pulang sore itu juga. Alhamdulillah.

Oh ya, untuk review MRCCC Siloam Semanggi silakan liat postingan ini ya.

Makasih yah buat semua yang udah doain Ibu :')

**Ibu saya memiliki multiple myeloma sejak tahun 2011, dan rutin kontrol di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat. Silakan klik menu "Multiple Myeloma" untuk melihat postingan terkait MM. Semoga kita bisa saling mengenal dan saling menguatkan :D

Baca Juga:
Horee! RS MRCCC Siloam Semanggi Terima Pasien Kanker BPJS! :D
Review RS MRCCC Siloam Semanggi

No comments:

Popular Posts