Thursday, April 28, 2016

Saudara Sepersusuan dalam Islam

Pernah mendonorkan ASI atau menerima donor ASI?

Kalo pernah, kita WAJIB tahu siapa saja yang akan jadi mahram anak kita.

Mahram itu apa, sih? 

Mahram itu artinya orang-orang yang haram dinikahi. Bisa akibat hubungan darah, maupun hubungan sepersusuan. List lengkapnya ada di surat An-Nisa ayat 22-24. (Lebih lengkap soal mahram liat di sinisinisini. Ilmunya lebih banyak dari saya.)

Kebanyakan orang menyangka, mahram dari sepersusuan cuma dua: ibu susu dan saudara susu. Tapi, surprise, surprise. Ternyata gak hanya sesama bayi aja, lho, yang jadi mahram. Hubungan mahram berlanjut ke atas dan ke bawah. Dan ini konsekuensi yang besar. SANGAT besar. Orang-orang ini tidak boleh menikah selama-lamanya dengan anak yang menerima donor ASIP.  (Makanya ini self-note juga buat diri sendiri. Biar jangan asal donor. Atau terima donor ASIP.)

Postingan ini terdiri dari dua bagian.

Bagian 1 ngebahas hubungan mahram yang timbul akibat sepersusuan.

Bagian 2 ngebahas syarat-syarat jadi anak sepersusuan.

Okeh, langsung aja ya.



*** 
BAGIAN 1
HUBUNGAN MAHRAM 
AKIBAT SEPERSUSUAN
***

Selain saudara sesusu dan ibu susu, orang-orang lain yang akan menjadi mahram dengan bayi yang menerima donor ASIP adalah:


1. Suami dari ibu susu.

Jadinya paman.



"Paman" atau ayah susu ini sebenarnya bisa disamakan dengan ayah kandung. Sebab, suami adalah "the owner of the milk".

Maksudnya, ASI sang ibu asalnya dari suaminya juga. Produksi ASI terjadi karena ibu mengandung dan melahirkan bayi. Semua gak akan terjadi kalo gak ada sperma yang membuahi sel telur ibu. Jadi, asal muasalnya tetap dihitung dari sang suami.

Ada hadits yang mengisahkan seorang bapak bernama Aflah. Aflah ini saudara (entah kakak atau adik dari) Abu Al-Qu'ais, suami dari ibu susu Aisyah RA. Dia dateng ke rumah Aisyah, tapi Aisyah gak ngizinin dia masuk. Aisyah juga make kerudung di depan Aflah. Aflah pun heran, ngapain gitu amat, sih? Kan gue om lo. Lo disusuin istri kakak gue, dan dengan susunya kakak (laki-laki) gue. Nabi pun mengiyakan kata-kata Aflah, dan menyuruh Aisyah untuk selalu buka pintu kalo Aflah dateng, dan gak perlu pake kerudung.

Narrated Aisha: Aflah asked the permission to visit me but I did not allow him. He said, "Do you veil yourself before me although I am your uncle?" `Aisha said, "How is that?" Aflah replied, "You were suckled by my brother's wife with my brother's milk." I asked Allah's Messenger (ﷺ) about it, and he said, "Aflah is right, so permit him to visit you."
Reference : Sahih al-Bukhari 2644

In-book reference : Book 52, Hadith 8

USC-MSA web (English) reference : Vol. 3, Book 48, Hadith 812

Narrated `Aisha: Aflah, the brother of Abu Al-Qu'ais, asked my permission to enter after the verses of Al-Hijab (veiling the ladies) was revealed, and I said, "By Allah, I will not admit him unless I take permission of Allah's Apostle for it was not the brother of Al-Qu'ais who had suckled me, but it was the wife of Al-Qu'ais, who had suckled me." Then Allah's Messenger (ﷺ) entered upon me, and I said, "O Allah's Messenger (ﷺ)! The man has not nursed me but his wife has nursed me." He said, "Admit him because he is your uncle (not from blood relation, but because you have been nursed by his wife), Taribat Yaminuki." `Urwa said, "Because of this reason, ' Aisha used to say: Foster suckling relations render all those things (marriages etc.) illegal which are illegal because of the corresponding blood relations." (See Hadith No. 36, Vol. 7)
Reference : Sahih al-Bukhari 6156

In-book reference : Book 78, Hadith 182

USC-MSA web (English) reference : Vol. 8, Book 73, Hadith 177


Kakak atau adiknya ayah susu aja bisa jadi paman beneran. Gimana ayah susunya himself, ya kan?!

Jadi, anak penerima donor ASIP itu bisa disamakan dengan anak kandung ayah susu dan ibu susunya.

Jeng-jeeeng. Gak nyangka, kan? Hehe..

Okeh. Hadits di atas sekaligus ngejelasin mahram kedua:



2. Saudara laki-laki dari suaminya ibu susu.

Jadinya paman juga.

Udah jelas ya dari hadits tadi. Bukan hanya ayah susu sendirian yang jadi mahram. Tapi juga kakak dan adiknya.

Surprise, ya. Sama. Saya juga baru tau, kok  :)



Paman-paman ini gak boleh dinikahi selamanya. Ever.

Kalo anak penerima donornya laki-laki, yang jadi mahram adalah saudara perempuan ayah susunya (tante). Ya pokoknya tinggal dibalik aja lah.

Eh, jangan bilang gak mungkin dulu. Umurnya kejauhan? Emang kamu pikir berapa beda umur Hugh Hefner ama bininyeh? Hugh 90, Crystal Harris 29. Beda 61 tahun, okeh? Okeh? Good.

Daaan. Gak berhenti sampe sini.

Kalo ngacu bahwa hubungan mahram itu sama seperti hubungan darah, maka

Ayah-ibunya si ayah susu dan ibu susu, alias kakek-nenek susu, udah jadi mahram juga dan gak boleh dinikahi :)  Inget Hugh Hefner baik-baik. Ga ada yang gak mungkin  :)

Ali (bin Abi Talib) narrated that The Messenger of Allah said:“Indeed Allah has made unlawful through suckling whatever He made unlawful through lineage.
Grade : Sahih (Darussalam)

Reference : Jami` at-Tirmidhi 1146

In-book reference : Book 12, Hadith 1

English translation : Vol. 1, Book 7, Hadith 1146

Aishah narrated that the Messenger of Allah said:“Indeed Allah has made unlawful through suckling whatever He made unlawful through birth.
Grade : Sahih (Darussalam)

Reference : Jami` at-Tirmidhi 1147

In-book reference : Book 12, Hadith 2

English translation : Vol. 1, Book 7, Hadith 1147

Yahya related to me from Malik from Abdullah ibn Dinar from Sulayman ibn Yasar and from Urwa ibn az-Zubayr from A'isha umm al- muminin, that the Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, said, " What is haram by birth is haram by suckling."
Muwatta Malik » Book of Suckling

USC-MSA web (English) reference  : Book 30, Hadith 15

Arabic reference  : Book 30, Hadith 1290



3. Anak dari saudara sepersusuan.

Jadinya keponakan.

Ini juga gak boleh dinikahi. Ever. Jangan bilang gak mungkin lagi, ya  xD





Pernah Nabi diminta menikahi seorang perempuan. Anaknya Hamzah. Tapi Nabi nolak. Soalnya, Nabi saudara sesusu sama Hamzah, dari ibu susu Thuwaiba. (Belom pernah denger Thuwaiba? Tenang, ada ceritanya di bagian akhir :D)

Banyak banget hadits-nya. Ini sedikit aja.

Narrated Ibn `Abbas:The Prophet (ﷺ) said about Hamza's daughter, "I am not legally permitted to marry her, as foster relations are treated like blood relations (in marital affairs). She is the daughter of my foster brother."
Reference   : Sahih al-Bukhari 2645

In-book reference   : Book 52, Hadith 9 

USC-MSA web (English) reference   : Vol. 3, Book 48, Hadith 813

Narrated Um Habiba:I said, "O Allah's Messenger (ﷺ)! Do you like to have (my sister) the daughter of Abu Sufyan?" The Prophet (ﷺ) said, "What shall I do (with her)?" I said, "Marry her." He said, "Do you like that?" I said, "(Yes), for even now I am not your only wife, so I like that my sister should share you with me." He said, "She is not lawful for me (to marry)." I said, "We have heard that you want to marry." He said, "The daughter of Um Salama?" I said, "Yes." He said, "Even if she were not my stepdaughter, she should be unlawful for me to marry, for Thuwaiba suckled me and her father (Abu Salama). So you should neither present your daughters, nor your sisters, to me."
Reference   : Sahih al-Bukhari 5106

In-book reference   : Book 67, Hadith 44

USC-MSA web (English) reference   : Vol. 7, Book 62, Hadith 42

Umm Habiba, the daughter of Abu Sufyan, reported:The Messenger of Allah (ﷺ) came to me and I said to him: Have you any inclination towards my the daughter of Abu Sufyan? He (the Holy Prophet) said: Then what should I do? I said: Marry her. He said: Do you like that? I said: I am not the exclusive (wife) of yours; I, therefore, wish to join my sister in good. He, said: She is not lawful for me. I said: I have been informed that you have given the proposal of marriage to Durrah daughter of Abu Salama He raid: You mean the daughter of Umm Salama? I said: Yes. He said: Even if she had not been my step-daughter brought up under my guardianship, she would not have been lawful for me, for she is the daughter of my foster-brother (Hamza), for Thuwaiba had suckled me and her father. So do not give me the proposal of the marriage of your daughters and sisters.
Reference   : Sahih Muslim 1449 a

In-book reference   : Book 17, Hadith 19

USC-MSA web (English) reference   : Book 8, Hadith 3412

It was narrated from Ibn 'Abbas:that the Messenger of was offered the daughter of Hamzah bin 'AbdulMuttalib in marriage, and he said: “She is the daughter of my brother through breastfeeding, and breastfeeding makes unlawful (for marriage) the same things that blood ties make unlawful.”
Grade  : Sahih (Darussalam) 

Reference : Ibnu Majah

English reference   : Vol. 3, Book 9, Hadith 1938

Arabic reference   : Book 9, Hadith 2013





4. Anak yang disusui dua ibu berbeda, tapi satu suami.

Otomatis jadi saudara sepersusuan. Sama kayak saudara kandung.

Nyusuin anak orang lain pun juga sama. Semua jadi saudara susu.

Kenapa? Karena itu tadi. Sperma asal-nya sama. Suaminya kan sama.

Nih contoh hadits-nya.

Yahya related to me from Malik from Ibn Shihab from Amr ibn ash- Sharid that Abdullah ibn Abbas was asked whether, if a man had two wives, and one of them nursed a slave-boy, and the other had nursed a slave-girl, could the slave-boy marry the slave-girl. He said, "No. The husband is the same."
Reference : Muwatta Malik, Book of Suckling

USC-MSA web (English) reference  : Book 30, Hadith 5

Arabic reference  : Book 30, Hadith 1279


Amr bin Ash-Shariq narrated that Ibn Abbas was asked about the case in which a man had two slave girls, one of them suckled a girl and the other suckled a boy, is it lawful for the boy to marry the girl? She said:No, the semen is the same.
Grade : Da’if (Darussalam)

Reference : Jami` at-Tirmidhi 1149

In-book reference : Book 12, Hadith 4

English translation : Vol. 1, Book 7, Hadith 1149







Gila ya ini konsekuensi gede banget. Jadi saudara semua!!!


Sekarang coba kita liat situasi kalo kamu menerima donor ASIP. Dari 6 ibu donor, misalnya.


Nampak gak berbahaya, ya.

Tapi itu *baru nampaknya*.

Kenyataannya, anak kamu punya banyak mahram.

Banyak banget.



Yes, anak kamu di tengah-tengah yang kecil warna kuning itu. Mahram anak kamu adalah:

  • saudara sesusu (anak dari ayah & ibu susu)
  • ayah susu dan ibu susu
  • kakak & adik dari ayah susu (paman dan bibi, atau om dan tante)
  • ayah & ibu dari ayah susu dan ibu susu (kakak-nenek susu)
  • anak dari saudara sesusu (keponakan)

Dari masing-masing ibu.

Itung sendiri, deh, ya :)

Jadi, kalo kamu pernah atau berniat jadi donor ASIP, atau anak kamu pernah menerima donor ASIP, kamu WAJIB memasukkan hal ini dalam pertimbangan utama. Orang-orang yang terhubung ini udah jadi MAHRAM dan HARAM DINIKAHI.

Siapkan buku khusus dan catat dengan baik siapa saja bayi-bayi penerima donor ASIP kamu, atau ibu-ibu donor yang pernah memberikan ASIP kepada anak kamu.

Hubungi mereka satu per satu. Minta silsilah keluarga masing-masing dengan cara yang baik, akrab, dan kekeluargaan. Insyaallah mereka pun welcome, kok :) Jaga hubungan silaturahmi dan jelaskan pada anak bahwa mereka semua adalah mahram (saudara).

Kalo udah gak memungkinkan untuk melacak satu per satu, ya udah. Berdoa sama Allah biar diarahkan ke jodoh yang bukan mahram sepersusuan, dan tentunya yang baik dunia akhirat. Amin :)



TANYA:

Kalau saya punya anak perempuan (A), dan kemudian saya mendonorkan asi kepada seorang anak perempuan lainnya (B), secara otomatis A dan B akan menjadi saudara sepersusuan. Apabila B punya saudara kandung laki-laki (C), apakah anak saya (A) haram menikah dengan C?
Twindya Finvasiena


JAWAB:

Kayak gini enaknya bikin gambar lagi nih.

-  A anak pendonor. Dalam tubuh A ada ASI dari "Ayah A".

-  B anak "Ayah B". B penerima ASIP donor dari "Ibu A" (yg asal ASI-nya dari "Ayah A"). Berarti, ada essence "Ayah A" dalam tubuh B. Oleh sebab itu, A dan B jadi saudara sepersusuan.

-  C anak "Ayah B". C tidak menerima donor dari "Ibu A" (dan "Ayah A"). Jadi, tidak ada essence "Ayah A" dalam tubuh C. Maka, A dan C bukan saudara sepersusuan. Mereka boleh menikah.





Jadi, udah paham kan ya.

Anak dari ibu pendonor ASIP (A) tetap BUKAN MAHRAM dengan saudara kandung dari anak penerima ASIP yang jadi saudara susunya (C).

Tapi, saudara sesusu yang menerima ASIP (B) akan menjadi mahram dengan semua anak dari ayah susunya. Selain itu, B juga mahram dengan anak-anak dari semua anak ayah susunya. ayah susunya, saudara kandung ayah susunya, orangtua bapak susunya.

Ini enaknya digambarin gedenya lagi, nih.






Intinya, sih, B (penerima donor ASIP) udah mahram sama anggota keluarga ayah susunya. Yang dimerah-merahin itu. Mereka ini adalah:
- semua anak dari ayah susunya
- anak dari semua anak ayah susunya (yang bayi2)
- saudara kandung ayah susunya
- bapak dari ayah susunya

Selain itu, semuanya boleh.

C dan D, kalau mau nikah sama A atau F, itu boleh. (Dengan catatan, C dan D tidak menerima ASIP dari Ibu A).

Jadi, gak usah takut donor-donor lagi, ya  :)

Digambar aja biar gampang pisah-pisahinnya.  :)



Eh tunggu. Masih ada pertanyaan lagi. Ini sekilas mirip banget sama yang tadi. Tapi hasilnya beda jauh.

TANYA:

Kalau saya punya anak laki-laki (A), dan kemudian saya mendonorkan asi kepada seorang anak laki-laki lainnya (B), secara otomatis A dan B akan menjadi saudara sepersusuan. Apabila anak saya (A) punya saudara kandung perempuan (C), apakah C haram menikah dengan B?
Anonymous


JAWAB:

Lagi-lagi, solusinya adalah PAKE GAMBAR.



Anak perempuan kamu (C) haram menikah dengan B. Sebab, B sudah jadi saudara susu bagi semua anak-anak kamu.

Tapiii, kalo misalnya nih. Misal. Si B punya saudara kandung yang TIDAK menerima ASIP dari kamu (D), dia boleh menikah dengan anak-anak kamu.



See, simpel kan sebenernya :D

Pokoknya, ingat: GAMBAR DULU :)

Oia. Kalo gambar ini agak 'beda' sama yang udah-udah, dimaapin aja yak. Saya lagi gak pegang laptop. Ini doodling dari hape, hihi.



Yay. Terima kasih udah baca Bagian 1. Lanjut yok.


!!! PENTING !!!

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menghalangi donor ASIP. Banyak banget bayi-bayi yang butuh donor ASI, dan ASI sangat sangat penting untuk pertumbuhan bayi. 

Semangat tulisan ini adalah supaya kita memperhatikan benar-benar hubungan-hubungan mahram yang tercipta dari sepersusuan, serta silsilah keluarga kita dan keluarga penerima/pemberi donor ASIP.  Sebagaimana Nabi.

Jangan takut mendonorkan ASIP. Inget, Nabi aja punya DUA IBU SUSU. Dan anaknya Nabi DITITIPIN DI IBU SUSU. 






***
BAGIAN 2
SYARAT SAUDARA SEPERSUSUAN
***



SAUDARA SEPERSUSUAN ITU HANYA JIKA:

1. Bayi masih dalam masa menyusui (kurang dari 2 tahun).

Narrated Aisha:Once the Prophet (ﷺ) came to me while a man was in my house. He said, "O `Aisha! Who is this (man)?" I replied, "My foster brothers" He said, "O `Aisha! Be sure about your foster brothers, as fostership is only valid if it takes place in the suckling period (before two years of age).
Reference : Sahih al-Bukhari 2647

In-book reference  : Book 52, Hadith 11

Yahya related to me from Malik from Nafi that Abdullah ibn Umar said, "There is no kinship by suckling except for a person who is nursed when he is small. There is no kinship by suckling over the age of two years."
Reference: Muwatta Malik, Book of Suckling

USC-MSA web (English) reference  : Book 30, Hadith 6

Arabic reference  : Book 30, Hadith 1280

Umm Salamah narrated that The Messenger of Allah said:No prohibition results from suckling except for what penetrates the intestines while on the breast before weaning.”
Grade : Sahih (Darussalam)

Reference  : Jami` at-Tirmidhi 1152

In-book reference  : Book 12, Hadith 7

Jadi, kalo yang nyusu usianya lebih dari dua tahun, ya gak jadi saudara sepersusuan. 



2. ASI mengenyangkan bayi.


'A'isha (Allah be pleased with her) reported:Allah's Messenger (ﷺ) visited me when a man was sitting near me, and he seemed to disapprove of that. And I saw signs of anger on his face and I said: Messenger of Allah, he is my brother by forsterage, whereupon he said: Consider who your brothers are because of fosterage since fosterage is through hunger (i. e. in infancy).
Reference  : Sahih Muslim 1455 a

In-book reference  : Book 17, Hadith 39

USC-MSA web (English) reference  : Book 8, Hadith 3430

A’ishah said the Apostle of Allaah(ﷺ) visited her when a man was with her. The narrator Hafs said “this grieved him and he frowned”. The agreed version then goes, She said “He is my foster brother Apostle of Allaah(ﷺ)”. He said “Consider, who are you brethren, for fosterage is consequent on hunger.”
Grade : Sahih (Al-Albani)   

Reference : Sunan Abi Dawud 2058

In-book reference : Book 12, Hadith 13

English translation : Book 11, Hadith 2053

Umm Salamah narrated that The Messenger of Allah said:“No prohibition results from suckling except for what penetrates the intestines while on the breast before weaning.”
Grade : Sahih (Darussalam)

Reference : Jami` at-Tirmidhi 1152

In-book reference : Book 12, Hadith 7

English translation : Vol. 1, Book 7, Hadith 1152



Ciri-ciri bayi kenyang menyusu; para ibu biasanya udah hafal.
Di akhir waktu menyusui, Ibu bisa mengenali tanda-tanda bayi kenyang menyusu dan tak lagi merasa lapar, seperti:
  • Jemari bayi terbuka dan rileks
  • Badan bayi rileks dan santai
  • Mungkin ada cegukan, tapi bayi tenang dan rileks
  • Bayi tertidur
  • Mungkin ada gumoh (ASI keluar dari mulut)
  • Bayi nampak tenang dan damai


3.  Minimal 5 hisapan.

'A'isha (Allah be pleased with, her) reported that it had been revealed in the Holy Qur'an that ten clear sucklings make the marriage unlawful, then it was abrogated (and substituted) by five sucklings and Allah's Apostle (ﷺ) died and it was before that time (found) in the Holy Qur'an (and recited by the Muslims).
Reference  : Sahih Muslim 1452 a

In-book reference  : Book 17, Hadith 30

USC-MSA web (English) reference  : Book 8, Hadith 3421


'Amra reported that she heard 'A'isha (Allah he pleased with her) discussing fosterage which (makes marriage) unlawful; and she ('A'isha) said:There was revealed in the Holy Qur'an ten clear sucklings, and then five clear (sucklings).
Reference  : Sahih Muslim 1452 b

In-book reference  : Book 17, Hadith 31

USC-MSA web (English) reference  : Book 8, Hadith 3422



Kalo cuma sekali-dua hisapan gak jadi saudara. Banyak hadits yang mencatat ini.

'A'isha (Allah be pleased with her), Suwaid and Zubair reported Allah's Apostle (ﷺ) as saying: One suckling or two do not make (marriage) unlawful.
Reference : Sahih Muslim 1450

In-book reference : Book 17, Hadith 23

USC-MSA web (English) reference : Book 8, Hadith 3414


Umm al-Fadl reported:A bedouin came to Allah's Apostle (ﷺ) when he was in my house and said: Allah's Apostle, I have had a wife and I married another besides her, and my first wife claimed that she had suckled once or twice my newly married wife, thereupon Allah's Apostle (ﷺ) said: One suckling or two do not make the (marriage) unlawful.
Reference : Sahih Muslim 1451 a

In-book reference : Book 17, Hadith 24

USC-MSA web (English) reference : Book 8, Hadith 3415


Umm Fadl (Allah be pleased with her) reported that a person from Banu 'Amir b. Sa'sa said:Allah's Apostle, does one suckling make the (marriage) unlawful? He said: No.
Reference  : Sahih Muslim 1451 b

In-book reference  : Book 17, Hadith 25

USC-MSA web (English) reference  : Book 8, Hadith 3416


Umm Fadl (Allah be pleased with her) reported that Allah's Apostle (ﷺ) said: Being suckled once or twice, or one suckling or two, do not make marriage unlawful.
Reference  : Sahih Muslim 1451 c

In-book reference  : Book 17, Hadith 26

USC-MSA web (English) reference  : Book 8, Hadith 3417



4. ASI sampai ke usus bayi.

Cara ngukurnya gimana? Ya kali deh mesti pake endoskopi perut -__-

Rasanya ini maksudnya sama dengan mengenyangkan, ya. Sampe ke perut, gitu.

Umm Salamah narrated that The Messenger of Allah said:“No prohibition results from suckling except for what penetrates the intestines while on the breast before weaning.”
Grade : Sahih (Darussalam)

Reference : Jami` at-Tirmidhi 1152

In-book reference : Book 12, Hadith 7

English translation : Vol. 1, Book 7, Hadith 1152



5. ASI adalah satu-satunya sumber makanan bagi si bayi.

Ini pun rasanya maksudnya sama dengan poin 1 tadi. Yaitu bayi yang belom disapih makan apa-apa, yang di bawah dua tahun.

Narrated `Aisha:that the Prophet (صلى الله عليه وسلم) entered upon her while a man was sitting with her. Signs of answer seemed to appear on his face as if he disliked that. She said, "Here is my (foster) brother." He said, "Be sure as to who is your foster brother, for foster suckling relationship is established only when milk is the only food of the child."
Reference : Sahih al-Bukhari 5102

In-book reference : Book 67, Hadith 40

USC-MSA web (English) reference : Vol. 7, Book 62, Hadith 39



6. ASI menumbuhkan rasa sayang dan menumbuhkan badan bayi (jadi tulang dan daging bayi).

Keliatan kalo bayi tumbuh besar karena ASI-nya. Yang ini sih susah standar pengukurannya, ya. InsyaAllah sih bayinya gede-gede aja, kok.

‘Abd Allaah bin Mas’ud said “Fosterage is not valid except by what strengthens love and grows flesh ” Abu Musa said “Do not ask us so long as this learned man is among us”
Grade : Sahih (Al-Albani)

Reference : Sunan Abi Dawud 2059

In-book reference : Book 12, Hadith 14

English translation : Book 11, Hadith 2054

The aforesaid tradition has also been narrated by Ibn Mas’ud through a different chain of narrators and to the same effect from the Prophet (صلى الله عليه وسلم). This version has the words anshaz al-‘azma meaning which nourishes bones and makes them sturdy and vigorous.
Grade : Da'if (Al-Albani)

Reference : Sunan Abi Dawud 2060

In-book reference : Book 12, Hadith 15

English translation : Book 11, Hadith 2055



Intinya yang saya tangkep, sih, kalo dari pengulangan dan penekanannya, yang jadi saudara sesusu itu adalah bayi yang disusui/minum ASIP berusia di bawah dua tahun, minimal lima kali nyot-nyot glek-glek, dan ASI-nya mengenyangkan.


Prinsipnya: "2-5-KENYANG"




Sementara itu, yang NGGAK bikin jadi saudara:

Ya simpel aja. Yaitu yang gak memenuhi kriteria di atas.

Misal, bayi yang disusui umurnya lebih dari 2 tahun.

Atau, cuma sekali-dua hisapan aja. Gak sampe kenyang. Itu juga gak jadi saudara.

Untuk lebih jelasnya, silakan donlot dan baca-baca kumpulan hadits yang saya bikin di bawah ini. Gratis. Gak bayar. Gak pake copyright. Silakan pake sesuka-sukanya. Mau diapain juga boleh. Terbitin buku pake bahan itu juga silakan.




Oya, disclaimer dikit. Saya bukan ahli agama. Simply saya cuma search hadits berdasarkan keyword menyusui. Hasilnya ditaruh di sini, supaya bisa sama-sama tau.

Daripada ngira-ngira sendiri. Daripada bikin teori sendiri. Daripada gak terjawab. Kalo ada yang gak jelas, kenapa gak di-trace aja hadis-hadis terkait topik itu. Eh ternyata ada :D Untung Nabi detil banget ya sampe permasalahan itu dibahas juga :)

Muslim, Tirmizi dan Malik bahkan punya satu chapter sendiri yang khusus membahas ASI dan menyusui. Muslim di Bab 17, Tirmizi di Bab 12, dan Malik di Bab 30. Kalo Bukhari biasanya digabung sama bab Pernikahan di Bab 67, atau Saksi-Saksi di Bab 52.

Saya gak bicara sanad, matan, tashih, tashrif, sama sekali nggak. Saya gak ahli di bidang itu. Makanya pencarian dibatasi di kitab yang udah jelas, dan kalopun gak sahih, lemah, atau apa, pasti ditulis sama mereka.

Jadi, sekali lagi, simply saya cuma cari, dan paparkan.

Sumbernya adalah Bukhari, Muslim, Malik, Nasa'i, Abu Dawud, Tirmizi, Ibnu Majah, dan Muwatta Malik. Semua dari sunnah.com

Keyword yang saya gunakan adalah "breastfeed", "breastfeeding", "breastfed", "breastmilk", "milk", "nursing", "nurses", "suckle", "suckling", dan "foster".

Gapapa ya pake bahasa Inggris. maklum saya ga bisa Arab :)  Semoga intinya tetap sama  :)

Yang punya Bapak, Om, Kakak, Guru, siapa pun yang lebih ngerti ilmu hadits, please please pleeease banget minta tolong review dan koreksi kalo ada yang salah.

Berhubung saya juga masih belajar, saya nerima banget kalo ada yang mau sharing ilmu yg lebih luas tentang ini. Semangat nih soal per-ASI-an :D

Makasih ya udah baca sampe akhir. Semoga bermanfaat :)



*

*



*** 

BONUS CERITA 

***

Saudara sepersusuan udah ada sejak jaman dahulu. Kalo gak salah, jaman Nabi Musa pun udah ada.

Inget kan kisah Nabi Musa? Pas bayi, Nabi Musa disediakan beberapa ibu susu oleh istri Firaun. Tapi Nabi Musa baby gak mau. Akhirnya, saat Miriam, aka kakak Nabi Musa sendiri, menawarkan jasa ibunya (yang berarti ya ibu kandung Nabi Musa sendiri) untuk jadi ibu susu, baru deh Nabi Musa baby mau menyusu :D

Aaah saya selalu nangis kejer kalo baca kisah ini  :')  Emang jadi Nabi ujiannya gak maen-maen.... Ga cuma kerja dan nembus kemacetan Jakarta doang....

Jaman bini-bini kite muda dulu juga udah ada ye. /
Iyeh. /
Deuh, bapak-bapak arisan, ribut aja deh di kuil. Ibadah yang khusyu' dong woi.

Nabi Muhammad sendiri, sesuai kebiasaan bangsa Arab, sejak bayi dititipkan ke ibu susu. Pasti udah pada tau dong Halimah Sa'diyah. Beliau Ibu susunya Nabi.

Selain Halimah, ada juga Thuwaiba. Thuwaiba ini abdinya Abu Lahab yang udah dimerdekakan, saking senengnya Abu Lahab pas Thuwaiba bawa kabar kalo ponakannya (Nabi Muhammad) udah lahir. (Yes, Abu Lahab yang ada suratnya di Al Quran itu. Pamannya Nabi himself.)

Bahkan, anaknya Nabi sendiri (Ibrahim) juga dititipin ke ibu susu, lho :D  Liat hadits 123.  FYI Ibrahim ini meninggal waktu bayi.

Dikisahkan, kalo saudara-saudara susu (anak kandung Ibu Halimah Sa'diyah) dateng ke rumah Nabi, Nabi menyambut dengan sangaaaat hangat. Nabi bentangin tangannya lebar-lebar, dan memuliakaaan banget. Nabi gelarin alas, Nabi tanyain gimana kabar Ibu susunya (Halimah) dan minta maaf belum sempet main ke sana, Nabi.... Aah, terharu deh :')  Ya secara Nabi yatim piatu dari kecil dan gak punya kakak-adik kandung  :')

Hiks.. haru bayanginnya :'D

Coba aja baca-baca hadis INI dan INI kalo pengen tau gambarannya :D  Terharu yak.. Nabi emang adab dan akhlaknya cakep banget :')

Jadi kangen, deh, sama Nabi :')

Bi... Nanti di akhirat insyaAllah boleh ketemu, ya... :')









Friday, April 15, 2016

Hasil Lab Serum Protein Elektroforesis dan Serum Free Light Chain

Hasil lab Ibu udah jadi.

Dan sukses membuat saya khawatir.

Yang hematologi rutin yaaa biasa lah. Rendah-rendah dikit. Manageable insyaAllah.



Tapi hasil elektroforesis protein serum-nya... Bikin ga bisa napas, gelisah, dan ga bisa tidur semaleman.


Beta-1 globulin tinggi banget! Lima kali dari maksimum jumlah normal.

Ini kalo dibikin grafik pasti mencuat tinggi banget deh. Tapi kok di Beta-1?

Setau saya, hasil elektroforesis yang jelek itu yang mencuat di Beta-2. Seperti di booklet "Understanding Serum Protein Electrophoresis" dari International Myeloma Foundation ini lho.

Ini yang normal.



Dan ini yang gak normal. Yang MM-nya udah kemana-mana.


Tuh kan. Yang tinggi di Beta-2, kan? Bukan Beta-1! Lalu itu maksudnya apaaaa??

Browsang-browsing nyari Beta-1 Globulin, yang ada cuma di web American Academy of Family Physicians. Tapi masa di situ yang naik malah Gamma-nya. Hadaaaah pusing. Yang bener yang mana sik? Waaaa...

Saya lebih condong ke penjelasan IMF, sih. Mereka kan emang ahlinya yang wara-wiri di per-MM-an. Tapi, karena saya awam, bukan dokter, saya juga gak bisa interpretasi data-data ini.

Kemaren gak sempet pulak nanya dr. Nugroho. Pasalnya, hasil lab baru keluar hari itu, dan baru saya print sesaat sebelom konsultasi. Jadi gak sempet pelajarin dan bikin list pertanyaan. Aaakk >.<

Nah. Itu tadi kebingungan pertama.

Kebingungan kedua:
Hasil lab Serum Free Light Chain abnormal-nya banget, banget, dan BUANGET.

Angka FLC Kappa sampe 381.78 dari maksimum normal 19.40 mg/L. Alhasil rasio Kappa/Lambda jadi 38.10. Padahal maksimum normal cuma 0.26-1.65. Itu mah naek 37 kali joniiiiiiihh!!!


SFLC itu salah satunya berguna untuk monitor respons terhadap treatment.

Hmm. Berarti kan treatment-nya kagak efektif, ya.

Meskipun tiap bulan hasil Beta-2 Mikroglobulinnya normal, ya.

Selama 5 tahun ini ya?

Ya. Ya. Yaaaaa???

Jawaaaaapp Joniiiiiihh!!!!

Hmm. Kalo ada yang penasaran, hasil B2M normal dan manis-manis aja di 1.20. Kisaran normalnya 0.85-1.62. *sambil nenteng beceng*

Hokeh. Calm down dulu.

Saya rasa begini.

Dokter Nugroho selama ini gak pernah menyarankan kami ganti obat, karena (ke-)mungkin(-an besar):

1.  Finansial. Velcade 50 juta sebulan udah pasti gak sanggup. Revlimid, meski saya bilang ada yang bisa bawain murah dari India, toh Ibu juga gak mau. Karena lebih dari sejuta. Yang kami sanggup ya paling mentok emang cuma Melphalan dan Thalidomide. Dan steroid-steroid generik macam Prednisone, Dexamethasone, pokoknya apa aja lah yang generik. Atau BPJS. Jadi ya, buat apa juga?

2.  Stadium dan prognosis Ibu pas diagnosis awal baik. Ya, saya coba berprasangka baik aja. Meski bertanya-tanya juga sih kenapa gak pernah bone survey lagi. Atau apa kek untuk cek kondisi tulang Ibu :'(  Ini erat hubungannya juga sama finansial. Kalo emang obatnya cuma bisa Melphalan dan Thalidomide, ya buat apa juga ngecek-ngecek?

3.  Kalo ngecek, nanti tahu angkanya abnormal semua, aku dan Ibu bakal kepikiran. Persis kayak sekarang. Makanya beliau menjaga itu banget. Jangan sampe pasien dan pendampingnya stres. (Kerap melanda manusya...*you sing you lose*)

4.  Beliau tahu Ibu orangnya simpel. Gak nyaman sama tes-tes diagnostik. Gak nyaman liat angka dan interpretasinya. Gak nyaman bepergian, jalan-jalan, ini, itu, dll dll. Jadi ya udah. Se-nyaman-nya Ibu aja. Biar Ibu gak stres.


Ya, benar. Kayaknya gitu, deh  :'(

....

Tau gak. Semalem saya ngobrol dan ngabisin waktu berdua sama Ibu. Lama. Berdua aja.

Kami shalat isya berjamaah. Entah kapan terakhir kali kami berjamaah :')

Nonton tv sambil ngobrol, saya ngajarin Ibu cara liat siaran ulang Mata Najwa edisi Ahok di YouTube, dan Ibu membahas macem-macem headline berita. Kesempatan yang langka sekali.

Waktu saya tanya, "Uti, kapan-kapan kita jalan-jalan, yuk, ke Singapur. Uti kan belom pernah liat kampus aku. Abis itu kita ketemu Prof. Chng Wee Joo. Dia pemimpinnya di bidang MM."

Sambil melipat mukena-nya, Ibu menjawab, "Ma, terima kasih Mama selalu mikirin aku. Tapi aku sudah nyaman seperti ini.


Aku terlalu pusing kalo harus mikirin itu semua. Jangan aku diharuskan begini, harus begitu. Aku menjalaninya santai. Yang penting kita banyak bersyukur. Berdoa sama Allah. Allah yang Mahakuasa. Allah Mahapengasih. Mahapenyayang. Allah yang Mahapemberi kesembuhan. Aku sudah nyaman seperti ini."

Seperti ini...

Seperti ini...

Ini...

Ini...

Ini...

Ini...

Suara Ibu bergema panjang di hati saya.

Ya. Benar.

Memangnya siapa yang berkuasa ngasih Ibu survival sampe 5 tahun cuma pake Melphalan-Prednison doang?

Saya inget banget 5 tahun lalu nangis-nangis baca artikel jurnal ilmiah yang semuanya bilang survival paling cuma 2 tahunan aja.

Mungkin kombinasi rendahnya stres dan tingginya rasa bersyukur Ibu yang membuatnya bisa menjalani ini semua dengan ringan. Mungkin itu juga yang membantu treatment-nya yang minimal itu.

Mungkin juga doa-doanya setiap malam. Setahu saya, doa seorang Ibu selalu dikabulkan dan diberi versi terbaiknya oleh Allah. Dan saya percaya itu. Percaya sekali.

Saya rasa, saya gak akan lagi ngajak-ajak Ibu ke Sin. Ibu sudah sangat nyaman di sini. Dengan dokter Nugroho.

Angka Beta-1 Globulin dan SFLC yang ratusan tadi mungkin akan masuk ke alam bawah sadar saya, sampai saya tahu jawabannya.

Tapi satu hal yang pasti.

Kami punya Allah.

Dan Allah gak pernah menyia-nyiakan hamba-Nya.



**Ibu saya memiliki multiple myeloma sejak tahun 2011, dan rutin kontrol di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat. Silakan klik menu "Multiple Myeloma" untuk melihat postingan terkait MM. Semoga kita bisa saling mengenal dan saling menguatkan :D

Popular Posts