Tuesday, March 31, 2015

Review Asuransi Kanker

Dear temen-temen,

Terima kasih banyak ya sudah berkunjung ke sini :)

Saya hanya ingin memberitahu, bahwa, setelah mempelajari, kini saya mantap untuk mengumumkan bahwa saya TIDAK mengambil asuransi apapun.

Alasan paling utama: saya BOSAN. Bosan bikin perbandingan hanya untuk menemukan bahwa akhirnya semua sama saja. Semua cuma permainan. Nanti saya jelasin di bawah. Ketebak banget lah pokoknya.

Tadinya saya bahkan udah buat 2 review lagi. Yang satu ngebandingin tipe asuransi yang semua dibayar sesuai tagihan, dan yang kedua untuk tipe santunan/non-kartu. Hampir-hampir saya post.

Alasan kedua, saya MALAS keluarin uang segitu banyak. Mahal. Not worthy.

Alasan ketiga: ASURANSI ITU HARAM.

Tadinya saya juga gak percaya. Masa sih niat baik untuk berjaga-jaga dibilang haram? Tapi akhirnya, setelah
- semua ulama meyakinkan saya bahwa asuransi memang haram
- ngeliat sendiri, dan
- alhamdulillah ngalamin sendiri rasanya dikasih proteksi dan berkah yang..... Beyond words... Tanpa asuransi apapun...

Saya semakin yakin dan mantap.

Ini ringkasan kenapa asuransi haram. Gak hanya ulama Indonesia aja, lho, yang ngomong. Ulama luar juga. Semua sepakat haram.

Asuransi mengandung unsur:

  1. Judi
  2. Gharar / gak jelas
  3. Riba 
  4. Zhalim
  5. Batil


JUDI

Asuransi memiliki risiko (1) pembayaran atas sesuatu yang belum terjadi, (2) rugi tanpa alasan, dan (3) meraup untung tanpa usaha.

Dalam masa pertanggungan, kita bisa sakit, bisa juga nggak. Ini kan spekulasi banget. Dan salah satu pihak pasti ada yang rugi. Persis judi beneran.

Kalo kita sehat, kita rugi. Udah bayar premi banyak. Ini namanya risiko rugi tanpa alasan. Sebaliknya, kalo kita sakit, kita meraup laba gak pake kerja. Perusahaan asuransi yang rugi. Gak ada yang adil dua-duanya.

Jika kita sakit, perusahaan asuransi terkena risiko pembayaran. Makanya mereka akan berusaha sekuat-kuatnya supaya pembayaran klaim sulit, atau dikurang-kurangi jumlahnya, dengan berbagai syarat dan ketentuan, ya kan?

Ini semua sifat-sifat judi. Dan judi itu haram.


GHARAR

Artinya gak jelas. Satu, dari sisi waktu. Kapan terjadinya? Dua, kejadian yang diklaimkan. Derajat sakit/celakanya yang kayak apa? Ringan, parah, atau meninggal? Tiga, klaim yang didapat. Ini juga bergantung dari poin dua, karena tergantung kejadian. Kalo parah, ya lebih banyak daripada yang ringan.

Ketidakjelasan klaim juga tercermin dari jumlah manfaat klaim yang didapat nasabah seringkali tak sesuai dengan yang dijanjikan.

Transaksi dalam Islam itu harus jelas dan transparan semua. Barangnya, jumlahnya, kualitasnya, lokasinya, cara pembayarannya, pihak-pihaknya, ketentuannya, SEMUA harus jelas. Ada satu aja yang gak jelas, gak boleh.

Transaksi gak jelas (gharar) itu haram.


RIBA

Ini yang paling berat dosanya.

Ada 2 jenis riba. Pertama, riba fadhl. Barang ditukar dengan barang yang sama, tapi jumlahnya lebih banyak. Dalam hal asuransi, "barang" yang ditukar ini adalah uang. Riba jenis ini adalah uang yang DITERIMA NASABAH jika klaim yang didapat lebih besar dari seluruh premi yang dibayar.

Misal sudah dua tahun ikut dan bayar premi 6 juta. Pas kecelakaan, total tagihan rumah sakit dibayarkan 10 juta. Nah yang 4 juta itu riba.

Singkatnya, nuker duit pake duit. Pembeli (nasabah) membeli dengan uang (berbentuk premi), untuk mendapatkan uang yang lebih besar (berupa pembayaran klaim dari perusahaan asuransi).

Riba kedua adalah riba nasi'ah. Sebenernya riba nasi'ah ini secara historis artinya pembebanan bunga karena si peminjam telat bayar. Ini yang jelas disebutkan dalam Quran. Jadi intinya karena ada penundaan pembayaran. Nah, sama kayak di asuransi. Nasabah dikasih uangnya nanti, kan, kalo udah kejadian. Bukan langsung saat bayar premi. Delay waktu ini yang membuatnya jadi riba nasi'ah.

Selain itu, premi-premi asuransi pasti akan diputar untuk mendapatkan bunga. Ini dobel riba nasi'ah-nya.

Sekedar info. Riba yang paling ringan aja dosanya sama kayak (maaf saya juga gak suka tapi saya harus tulis karena setara hukumnya).... Ah ga jadi saya tulis deh... Tonton aja nih video singkat 6 menit yang cakep banget bikinnya. Dari situ kita akan tau, bahwa riba saja sudah cukup jadi alasan kuat.

Riba gak cuma di Islam doang. Di agama Kristen banyak, bahkan Hindu dan Buddha pun ada.


ZHALIM DAN BATHIL

Zhalim artinya gak adil, sewenang-wenang, salah. Batil artinya salah. (Yang bisa bahasa Arab mohon koreksi.)

Nguras duit secara 'pintar'. Banyak banget cara supaya uang kita keluar. Dan saat klaim, nasabah tak pernah bisa membela dirinya.

Betapa banyak kasus, kita pasti udah sering denger. Proses klaim sulit. Pas bisa klaim, jumlahnya gak sesuai. Mau ambil 'tabungan' gak bisa. Pas bisa, banyak dipotong. Apa-apaan sih ini?

Unit link, selama 5 tahun sebagian besar premi yang kita bayar akan menguap untuk biaya akuisisi, administrasi, dan pengelolaan investasi. Kita gak boleh ambil (padahal katanya nabung). Mesti sampai tahun tertentu. Dan kalo sudah mencapai tahun itu mau diambil, nanti kena biaya lagi.

Konvensional: premi hangus.

Penguapan premi demi beragam biaya dan main hangus-hangusan itu cara yang batil, lho. Rugi di nasabah. Gak boleh ambil uang pihak lain. Yang bener, di Islam itu semua pihak harus setara. Untung dibagi hasil, rugi juga ditanggung bareng.

Premi gak hangus? Memang ada, tapi mahalnya naujubila. Nguras duit lagi dong.

Lalu klaim gak sesuai. Teman saya di Dharmais udah jadi nasabah asuransi kesehatan XYZ selama 10 tahun lebih. Suatu hari dia klaim manfaat penyakit kritis kanker sebanyak 20 juta per bulan, sesuai polis. Ternyata, yang dikasih cuma 10 juta. Ini cidera akad namanya. Khianat.

Asuransi mobil, selalu ada biaya pembuatan klaim 300.000. Kalo klaim 5 juta, kita jadi cuma dikasih 4,7 juta. Lagi-lagi gak sesuai.

Terlalu banyak syarat, formula perhitungan yang rumit/sulit dipahami/nyusahin, tidak tepat janji, dan lagi-lagi memaksa kita untuk keluar duit terus tanpa bisa menuntut keadilan.

Sekedar info, makan harta (uang) orang lain dengan cara yang batil (jelek, gak adil) udah diwanti-wanti di An-Nisaa ayat 29.

Intinya, masih banyak hukum-hukum Islam lainnya yang dilanggar oleh asuransi (dan produk-produk finansial lain). Tapi, itu pun rasanya sudah lebih dari cukup.


* * *


Dari pengalaman saya, asuransi, kredit, saham-saham di usaha gak jelas/gak syariah, semua membuat kita jadi teruuus menerus berkutat sama angka. Seolah-olah rejeki cuma duit doang.

Asuransi bikin kita lupa sama afterlife (kalo gak boleh saya bilang "akhirat" karena terlalu religius). Saking mikirin yang di dunia, jadi lupa ntar kalo meninggal, kita mau jawab apa di dalam kubur. Yang sekarang aja gak yakin. Apalagi kalo ditambah ambil asuransi dan hutang kredit yang tenornya bertahun-tahun.

Yang di otak kita jadi cuma duit terus. Pusing mikir asuransi, cicilan, duit kurang, hutang sini tambal sana. Gak kelar-kelar.

Keluar deh dari semua itu. Keluar secepat mungkin. Sistem-sistem ini membuat kita makin terlilit hutang dan riba. Hati dan hidup jadi gak tenang.

Solusinya? Nabung aja biasa. Alokasikan dana khusus untuk kesehatan. Atau nabung emas batangan. Perbanyak sedekah. Tahan keinginan (=sesuatu yang, kalo kamu nggak punya, NGGAK akan bikin kamu mati atau sakit secara fisik.)  

Asuransi boleh, tapi yang kayak gini, mirip dagang biasa aja.

Dan inget, kita punya Allah.

Allah jauh lebih berkuasa daripada perusahaan keuangan. Dan mahabenar janji-Nya.

Saya tau ini kedengeran basi. Well, silakan. Tapi kalo tertantang untuk lebih berani, ikutin dan buktiin. Silakan liat sendiri sistem siapa yang basi.

1. Stop yang haram

  • Tutup asuransi. Ganti sama sedekah dan yakin Allah sebaik-baik Penjaga dan Pelindung. Rugi besar? Gak apa-apa. Anggap aja bersihin dari dosa riba. Jangan diterusin preminya. Lagian kebutuhan masih banyak.
  • Lunasi hutang dan cicilan. Jangan percaya hutang produktif. Hutang itu konsekuensinya besar dunia-akhirat. Lunasin. Ambil lagi harga diri kamu sebagai manusia bebas. Baca iniini dan ini video singkat untuk solusinya.
  • Tutup reksadana dan saham non-syariah. 
  • Stop following LambTur dan sejenisnya. Ini serius. Kamu mau timbangan dosa kamu nambah di hari kiamat gara-gara orang-orang yang ga ada hubungannya sama kamu? Unfollow sekarang. Jangan mau makan bangkai

2. Perbanyak hal-hal baik

  • Azan langsung wudhu dan shalat. Langsung! Laki ke masjid. Jangan tunda. Kamu udah dipanggil ama Dzat yang megang nyawa kamu.
  • Perbanyak doa. Minta sama Yang Maha Mendengar dan Mengabulkan Doa.
  • Perbanyak sedekah. Di waktu lapang maupun sempit. Percayalah semua diganti berkali-kali lipat. Dan gak hanya dalam bentuk uang. Tapi jauh lebih besar daripada itu. Kesehatan, ketenangan hati, dikasih jodoh yang saling nyokong dalam iman, keluarga rukun dan tenteram, anak-anak nurut gampang diatur salih-salihah, ... Ingatlah bahwa banyak rizki yang tidak kita sadari. Tangan masih bisa ngetik di keyboard? Mata masih bisa melihat? Apakah itu bukan rejeki? Mau dikasih 1 miliar tapi jempol kamu dipotong dua-duanya? 
  • Berbaktilah yang sebaik-baiknya, sebagus-bagusnya pada kedua orangtua. Mereka pintu-pintu surga. Dan pintu rejeki kita. Siap secepatnya saat orang tua manggil nama kita. Layani layaknya abdi ngelayanin raja. Lower your wings of mercy unto them, lingkupilah orangtua dengan perlindungan dan kasih sayang sebagaimana induk burung melebarkan sayapnya untuk melindungi anak-anak mereka. Lembutkan ucapan. Sabar. Jangan malas. Percaya sama saya. Gak akan terasa nyesel sampe kita ngeliat mereka pake kain kafan. 
  • Silaturahmi. Siapa ingin rejeki diperluas, sambunglah tali silaturahmi, sering denger hadits itu, kan? Dan itu amat amat benar. Sering-sering ketemu orang-orang yang kita tau akan nunjukin kita ke jalan Allah. Yang baik-baik. Yang taat-taat. Tinggalin dulu temen yang hobi gosip dan boros di mall. Inget, kamu maunya dapet pahala dan rejeki. Bukan dosa.
  • Bersyukur. Nanti Allah akan cukupin. Yakin.


Satu lagi yang penting. Baca Quran, satu ayat aja sehari. Gak usah satu juz, tapi SATU AYAT aja. Target cukup segini aja. Mau jadi overachiever? Silakan banget! (Emang itu tujuannya, makanya target 1 ayat aja. Secara psikologis, melampaui target akan membuat kita makin bersemangat, kan!)

Baca hadits, satu aja sehari. Kita akan dapet ide-ide untuk menjadi muslim yang lebih baik. Ini salah satu app Android favorit saya.


* * *


Temen-temen, sebagai penutup, saya bukan orang suci. Saya masih banyak dosa. Dan juga masih belajar. Seringkali saya ngerasa malu sama Allah. Udah dikasih banyak banget, padahal masih gini-gini aja.

Semua saya tulis berdasarkan pengalaman. Bahwa janji Allah itu benar. Saya sayang sama temen-temen.

Sebagai sesama muslim, saya ingin temen-temen bisa merasakan dan mengalami sendiri indah dan nikmatnya berada dalam lindungan Allah. Pasti bisa.

Jangan takut. Yakin Allah sayang sama hamba-Nya yang nurut. Yakin bahwa ketenangan hati itu hanya bisa didapat dengan mengingat Allah.

Biarlah postingan asuransi ini tetap terpampang di sini. Supaya yang baca tau bahwa sistem kayak gini udah saya tinggalkan. Dan bahwa hitungan Allah JAUH LEBIH PASTI KEBENARANNYA dan JAUH LEBIH BERLIMPAH.

Terima kasih, temen-temen. Saya selalu mendoakan kebaikan di dunia dan di akhirat untuk temen-temen semua yang udah baca. Aamiin.

Doakan juga ya supaya timbangan dosa saya karena pernah menulis review asuransi ini dihapuskan oleh Allah Ghafururrahiim. Statistiknya sudah hampir 17.000, ditambah postingan lain 21.000. Sungguh angka yang... :'(  Saya gak sanggup mempertanggungjawabkan dosa 38.000 orang di hari kiamat :'(

Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa-illam taghfir lanaa watarhamnaa lanakuunanna min alkhaasiriin.

Terima kasih banyak, ya, temen-temen. Saya sedih sekali. Abis ini saya mau shalat dulu biar ilangan dikit :'(

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuhu.

Jakarta, 2 April 2017




== UPDATE TAMBAHAN ==



SEPOTONG FAKTA

Beberapa hari lalu saya membaca artikel ulama luar tentang asuransi dalam islam. Tak sengaja saya melihat tulisan di kolom komentar: "Insurance is part of the Dajjal system and is a way to make money on people's fears." Ini mengejutkan banget. Kenapa saya gak pernah kepikiran?

Teman yang pernah ikut seminar Pak TD*, motivator marketing nasional, memberitahu saya bahwa beliau pun mengajarkan, motivator pembeli yang paling efektif adalah rasa takut. Saya jadi ingat. Tahun 2008 saya pernah meriset secara lokal tentang rasa takut ini. Istilahnya fear appeal. Hasilnya, rasa takut merupakan faktor penentu utama sikap (dan tindakan) kita terhadap sesuatu. Konsisten dengan riset-riset sebelumnya.

Dan teori fear appeal terus terbukti sampai saat ini. Artikel ilmiah "Appealing to Fear: A Meta-Analysis of Fear Appeal Effectiveness and Theories" bulan Oktober 2015 di kolom berita American Psychological Association (APA) menunjukkan, hingga kini rasa takut tetap efektif.



"Making money on people's fear" membuat saya penasaran mencari daftar perusahaan asuransi terkaya di dunia. Ini hasilnya dari Wikipedia (dari Forbes Global 2000).



Berkshire Hathaway 210.8 miliar dolar AS. Ada yang tau itu berapa rupiah?


Rp2.808.699.200.000.000, atau DUA RIBU DELAPAN RATUS DELAPAN TRILIUN enam ratus sembilan puluh sembilan miliar dua ratus juta rupiah. Berkshire Hathaway bermarkas di Amerika Serikat. Konglomerasi ini juga selalu ada dalam daftar 10 perusahaan terbesar asuransi di sana.

Berikutnya, AXA 147.5 miliar dolar AS. Mau dihitung rupiahnya?


Rp1,964,995,000,000,000, atau SERIBU SEMBILAN RATUS ENAM PULUH EMPAT TRILIUN sembilan ratus sembilan puluh lima miliar rupiah.

Mungkin ada yang tau APBN kita berapa?



Bahkan pendapatan negara kita aja kalah :')

Keliatan kan, siapa yang untung. Jelas bukan kita para nasabah lah ya :')  Duit kita segini-gini aja kok :')

Mau liat yang di Indonesia? Silakan baca publikasi dari KPMG Indonesia berikut.


Analisisnya gak main-main. Yang nulis orang pinter semua. Klik DI SINI untuk download dan liat sendiri angka-angkanya.

Belum tau KPMG? Itu salah satu dari the Big Four auditor terbesar di dunia, selain Deloitte, EY, dan PwC.

Baiklah, sudah cukup tentang making money on people's fear.

Tinggal kita renungkan lebih dalam. Saya berdoa semoga Allah senantiasa ngebimbing kita semua ke jalan-Nya. Aamiin.











=========================================================
POSTINGAN LAMA MULAI DI BAWAH INI.
INI SISTEM YANG SUDAH SAYA TINGGALKAN.
==========================================================




Ada di antara kamu yang punya riwayat kanker?
Berhubung saya punya riwayat kanker di keluarga, saya penasaran nyari asuransi yang khusus kanker.
Jenis asuransi seperti ini memberi manfaat santunan jika kita terdiagnosis positif kanker. 
Pinginnya sih nyari asuransi kanker yang berdiri sendiri (standalone). Gak digabung sama asuransi lain (jiwa, kesehatan, kecelakaan, dll). Kalo yang digabung-gabung itu biasanya berupa rider (tambahan) untuk critical illness, dan mahal, karena manfaatnya lebih sedikit. 
Sejauh pencarian saya, ada 2 tipe asuransi kanker yang standalone.
Ada yang memberi manfaat untuk semua jenis kanker, misalnya:
1.  Cigna Complete Cancer Protection
2.  Simas Cancer
Ada pula yang khusus perempuan, dan hanya meng-cover kanker payudara dan kanker rahim. (Hanya 2 jenis kanker ini saja yang dicover. Kanker lainnya tidak.) Contohnya:
1.  ACA Wellwoman
2.  SMiLe Ladies MSIG
Seperti biasa, ini review di atas kertas ya. Jadi hanya dari besaran premi vs manfaat. Kalo soal layanan belom bisa. Soalnya, saya mesti kena kanker dulu dong :) Justru saya berharap ada yang berbaik hati nge-share pengalamannya di sini :D
Okay berikut sekilas masing-masing produknya yah.
1.  Cigna Complete Cancer Protection
Asuransi ini meng-cover SEMUA jenis kanker.
Laman resminya di sini.
Ada 3 jenis plan, langsung liat yang tertinggi aja yah. Soalnya kecil-kecil semua nilainya. 
Plan III
- Santunan diagnosis kanker stadium awal - Rp30.000.000
- Santunan diagnosis kanker stadium lanjut - Rp20.000.000
- Santunan perawatan rumah sakit karena kanker (selama 300 hari) - Rp200.000
- Santunan penyembuhan jika terdiagnosis kanker stadium lanjut (selama 12 bln) - Rp2.000.000
- Santunan meninggal dunia karena penyakit dan/atau kecelakaan - Rp50.000.000
- Layanan konsultasi opini media kedua - Tersedia
Premi tahunannya Rp1.115.064.
Kalo mau bulanan, preminya Rp103.255 (total setahun Rp1.239.060. Beda Rp124ribu).
Kesan saya: Mahal amat. Benefitnya juga sedikit. Tiga puluh juta mah sehari juga bisa abis. 
2.  Simas Cancer
Asuransi ini menjanjikan santunan hingga satu miliar rupiah begitu pemegang polis terdiagnosis kanker. 
Laman resminya di sini.
Okay, menarik juga nih 1M.
Ada juga santunan meninggal dunia karena kecelakaan sebesar Rp25.000.000, dan No Claim Bonus hingga 50% dari Total Premi yang dibayar jika tidak ada klaim selama 5 tahun berturut-turut.
Tapi, pas baca review ini kok jadi males ya.
Pengecualiannya banyak banget. Antara lain yang TIDAK dicover:
- Kanker payudara bila tak menembus membran di bawahnya
- Kanker rahim hingga grade V
- Kanker kulit hingga level 3
- Kanker prostat bila masih T1a atau T1b
- Kanker tiroid bila masih T1N0M0 atau diameter kurang dari 1 cm
- Kanker kandung kemih jenis Papillary Micro Carcinoma
- Leukemia non Lymphocytic Chronic di bawah level 3
- Kanker karena AIDS
Padahal itu kanker yang umum banget di Indonesia. Kalo dikecualikan, ngapain juga. Agak aneh sih.
Lagian, kalo baru bisa diambil pas stadiumnya udah lanjut, itu mah keburu duit si penderita udah abis deh.  -__-
Okeh, dua itu tadi asuransi yang mengcover semua jenis kanker.
Sekarang giliran asuransi kanker khusus perempuan.
1.  ACA Wellwoman
Jika kamu berusia 18-40 tahun, kamu hanya perlu bayar Rp513.600 setahun untuk bisa menerima manfaat Rp100.000.000,- (seratus juta rupiah) jika terdiagnosis kanker pada:
- Satu atau kedua payudara
- Satu atau kedua saluran tuba falopi
- Satu atau kedua ovarium
- Leher rahim (Serviks)
- Uterus
- Vagina
- Vulva
Jika kamu berusia 41-55 premi tahunannya sebesar Rp1.944.000,- dan jika berusia 56-64 premi tahunannya Rp2.347.500,- untuk mendapat manfaat yang sama.
Laman resminya di sini.
Saya belom liat isi polis dan pengecualiannya sih. Kalo gak ada pengecualian atau batasan stadium kanker kayak Simas, oke juga nih. Bisa dijadiin pilihan. Premi murah, tapi manfaat gede. Apalagi kalo kamu ada riwayat keluarga yang kena kanker payudara atau kanker rahim. 
Kalo di brosurnya sih pengecualiannya tampak wajar-aja. Gak ada tanda-tanda pengecualian bagi kanker stadium awal kayak di Simas Cancer. Artinya kanker payudara dan kanker rahim di stadium apapun bisa dicover.
Pengecualian cuma untuk:
- pra-sel kanker atau tumor yang belum terdiagnosis kanker, tetapi bisa berkembang menjadi kanker (misal trombocythaemia atau polycythaemia rubra vera) atau carcinoma in situ di daerah mana pun selain payudara;
- sudah pernah terdiagnosis kanker payudara atau rahim sebelumnya (pre-existing).
2.  SMiLe Ladies MSIG
Ada 3 plan: Ruby, Silver, dan Diamond, dengan pertanggungan hingga umur 80 tahun.
Laman resminya di sini.
Pas buka websitenya, keterangannya abstrak banget. Terlalu general, jadi kurang jelas membedakan plan satu dengan yang lain. 
Tadinya pingin telfon marketingnya untuk tanya-tanya lebih lanjut. Tapi, begitu liat tulisan "top-up", "investasi", saya gak jadi nanya jadi deh.
Soalnya, itu artinya asuransi ini jenisnya unit link, yang dijadiin satu sama investasi.
Hmm. Thanks, but no thanks :)  Kayaknya udah pasti mahal dan benefitnya sedikit :)
UPDATE : Saya baru nemu nih spek lengkap premi dan manfaat masing-masing plan di sini.
Dan bener aja. Mahal banget.
Misal saya ambil plan Diamond. Saya akan dapet SmileLink, SmileLadiesInsurance, dan SmileMedical.
SmileLink berupa santunan saat terdiagnosis kanker payudara dan kanker rahim. Jumlahnya sebesar Rp100.000.000.
SmileLadiesInsurance berupa santunan meninggal dunia akibat kanker. Jumlahnya sebesar Rp100.000.000.
SmileMedical mengcover perawatan di rumah sakit jika terkena kedua kanker tersebut. Jika saya ambil Paket C dengan harga kamar Rp600.000, saya akan dapat:
- Kamar 600rb/hari selama 360 hari
- ICU 1jt/hari maks 60 hari
- Biaya aneka perawatan (lab dll), bedah, dokter, dokter spesialis semua sesuai tagihan. Okay good.
Eh... Tapiii masa yaaa
- Maksimal klaim per kejadian cuma Rp150jt, dan
- Maksimal klaim per tahun cuma Rp300jt
Sama aja cuma boleh 2x klaim dong setahun.
Emangnya biaya perawatan kanker payudara dan kanker rahim cukup kalo cuma Rp150jt? Kalo Rp300jt mungkin bisa. Itu juga cuma untuk sekali rangkaian ya.
Preminya, seperti bisa ditebak, mahal banget akibat embel-embel investasi. Untuk plan ini, saya harus bayar Rp600.000 per bulan. Alias Rp7.200.000 setahun.
Kalo saya harus bayar 10 tahun itu juga udah mendekati nilai manfaatnya, kan? Ngapain?
Hadeeehh. Gak ah.
KEPUTUSANNYA :
ACA Wellwoman
Premi aujubile mure dengan manfaat yang jauuuh ngelebihin pesaingnya yang lain. Cuma 500an ribu setahun, tapi santunan 100 juta.
Pengecualian juga wajar. Cukup fair lah.
Yaaak jadi itulah kesimpulannya ya untuk asuransi kanker-kankeran khusus perempuan :D
Sekali lagi, ini baru perbandingan premi dan manfaat di atas kertas. Belum dari sisi layanan ya.
Semoga membantu :D

3 comments:

SQIAR LTD said...

Hi there! I simply want to offer you a huge thumbs up for your great information you have right here.I will be coming back to your site for more soon.
Tableau Guru
http://www.sqiar.com

Bondan Arliado said...

Untuk asuransi kanker, atau lebih luasnya asuransi critical illness, saya menemukan beberapa kejanggalan. Yaitu justru di asuransi murni (non Unit Link), biayanya sangat-sangat tinggi. Selama ini saya memasarkan Simas Cancer dan AIG Critical Care, tapi belum ada satupun yang closing. Alasannya jelas, preminya mahal.

Sedikit berbanding terbalik dengan Unit Link yg terkadang dari segi biaya lebih murah (aneh bin nyata). Sebagai perbandingan, Simas Cancer premi tahunan adalah 697.800 (Pria, 30 thn) untuk nilai pertanggungan 25 juta. Artinya jika nilai pertanggungan 100 juta, preminya Rp. 2.791.200. Sedangkan di Unit Link, saya ambil contoh di AJ Generali Indo, biaya asuransinya setahun (bukan preminya ya), adalah Rp. 312.000 saja (Tidak sampai 15% nya!!!). Bahkan Limitnya akan didobel hingga 200 juta jika terkena stadium akhir untuk beberapa jenis penyakit.

Jadi khusus untuk Critical Illness ini, jangan ambil asuransi murni, kecuali anti sama Unit Link hehehe... Tapi kalo yg lainnya sih, prefer yg murni2 aj :p

-rizka- said...

Review asuransi gigi dong mpok :D

Popular Posts