Thursday, September 11, 2014

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Memilih Asuransi

1. Sekalian nabung
Ini biasanya di asuransi unit link, di mana premi kamu akan
diinvestasikan oleh pihak asuransi. Selengkapnya kenapa saya gak rekomen unit link silakan baca di sini ya.

2. Premi balik
Produk yang punya fitur ini karakternya mirip kayak UL. Preminya muahal dan benefitnya cuma sepersekian. Sayang uang kamu. Mending pake yang biasa aja. Lagian kalaupun premi kamu balik, kemungkinan juga dipotong biaya.

3. Agen yang manis
Pernah ada agen yang ramah dan sabaaar banget orangnya. Kalo ngobrol enak. Berasa kayak temen lama. Komunikasi di email pasti langsung dibales. Saya minta banyak dan selalu diturutin, instantly!

Kebetulan dia jual asuransi jiwa dan kesehatan gabungan yang UL. Preminya mahal banget 12 juta/tahun. Tadinya saya pingin ambil. Soalnya nih agen bisa diandalkan banget. Saya belom pernah nemu agen sebaik dia. Dan agak sayang ngelepas agen kayak gini.

Tapi, setelah saya pertimbangkan ulang cost and benefitnya, (saya bisa dapet asuransi lain yang benefitnya jaaauh lebih tinggi dengan harga jauh lebih murah. Lagipula, ntar gimana kalo dia yang mati duluan? Sama aja ntar ngurus klaimnya sama orang asing.) akhirnya saya putuskan gak jadi ambil.

4. Agen yang maksa
Kata-kata yang paling sering keluar dari agen model gini ialah, "Ayo lah Pak/Bu, buat bantuin saya." Ini mau jual asuransi apa jual rasa kasihan sik. Hadeeeh. Thanks, but no thanks.

5. Telemarketing
Jangan menyetujui asuransi yang kamu gak bisa liat benefit-benefitnya secara tertulis. Itu penting. Benefitnya aja gak bisa kamu liat. Apalagi isi polisnya. Gimana kamu mau klaim?

6. Everybody's doing it
"Ibu itu ngambil. Mbak itu dan Bapak itu juga lho. Udah banyak yang pada ngambil!"
Ini adalah trik marketing yang namanya "the bandwagon effect". Intinya semacam social influence gitu lah. Biar produknya keliatan kredibel di mata kamu karena udah banyak banget yang nge-like (ngambil). Trik ini memanfaatkan crowd appeal untuk mempengaruhi keputusan kamu supaya membeli produk yang ditawarin. Well, before you decide to jump in, always remember to carefully weigh the cost and benefits, and be a better judge for your own self :)

Kalimat tadi sekaligus jadi kesimpulan postingan kali ini, ya. :)

Ingat, jangan mudah termakan rayuan :)

Always remember to carefully weigh the cost and benefit, and be a better judge for your own self :)


Image http://aws-dist.brta.in/2014-04/12ae859de357a30309049ecf8151b082.jpg

2 comments:

titiw said...

Bangkeeee banget ituuu gambar quotesnyaaaaa hahhahahaha.. *langsung gak jadi informatip ini tulisaaan*

Widya said...

hahahahakkk... udah gue apusss... trus gue pasang lagiiii xDD

Popular Posts