Thursday, October 30, 2014

Tips Hemat Biaya Obat

Obat adalah salah satu pengeluaran terbesar jika penyakit datang. Simak tips berikut untuk mensiasatinya:

1. Setelah terima resep, pastikan kamu tahu nama obatnya. Tanya ke dokternya. Fungsinya apa.

2. Sebelum menebus, tanya lagi ke petugas apotik. Tegaskan lagi nama obatnya. Ini bekal utama kamu googling info tentang obatnya. Kedua, tanya harganya. Kalo mahal, tunda dulu aja. Beli di luar rumah sakit biasanya lebih murah. Apalagi di Pramuka.

3. Sekarang cek kegunaannya. Sesuai gak dengan penyakit kamu. Search nama obatnya di www.mims.com (ini yang paling enak dibaca) atau www.drugs.com.

Liat di baris “Indikasi/Indication” (yang artinya “Ini buat ngobatin: ABCD”). Abis itu, liat baris “Kontraindikasi/Contraindication” yang artinya: “Ini nggak boleh buat yang punya: XYZ.”

Kalo gak sesuai sama penyakit kamu, coba tanya dokternya lagi, deh. Kalo dia bilang cuma tambahan aja atau ga terlalu perlu, gak usah.

Kalo cuma vitamin doang juga gak usah. Atau cari pengganti setaranya yang lebih murah. Biasanya vitamin-vitamin gini justru yang mahal harganya.

4. Di www.mims.com atau www.drugs.com kita juga bisa melihat isi kandungan obat (contents) dan harga resminya. Ini paling penting kalo kamu mau hemat. Soalnya, kamu bisa beli generiknya yang jauh lebih murah. Nih saya kasih contoh.

Contoh 1:
Obat paten berikut ini:
Nama obat: Clotix, CPG, Clidorel, Febogrel, Placta, dll
Isi/Contents: Clopidogrel
Harga 30 tablet 75mg = Rp330.000 sd Rp375.000
(Rp11.000 sd 12.500/tablet)
Bisa diganti sama generik:
Nama obat: Clopidogrel
Isi/Contents: Clopidogrel
Harga 30 tablet 75mg = Rp180.000
(Rp6.000/tablet) ==> Hemat separuhnya.

Contoh 2:
Obat paten berikut ini:
Nama obat: Narfoz, Invomit, Lametic, Onetic, dll
Isi/Contents: Ondansetron
Harga 12 tablet 8mg = Rp228.000 sd Rp264.000
(Rp19.000 sd 22.000/tablet)
Bisa diganti sama generik:
Nama obat: Ondansetron
Isi/Contents: Ondansetron
Harga 10 tablet 8mg = Rp20.000
(Rp2.000/tablet) ==> Hemat SEPER-SEBELAS-PARUH-NYA!!!

Gila, kan? :D Hehe. Bayangin kalo kamu mesti beli 30 butir untuk tiap jenis obat sebulan. Kalo obatnya ada 3 jenis, minimal kamu akan bayar 3 x 3 kali lipatnya, alias 9 kali lipatnya.

Takut kualitas generik jelek? Halaaah, itu trik dagang. Sama aja, kok. Cuma beda di nama dan desain bungkusnya aja. Isinya sih sama persis.

5. Cari pengganti yang setara. Artinya, cari yang isi dan dosisnya sama.

Contoh 3:
Obat paten berikut ini: Brainolin
Isi/contents: Citicoline
Harga 30 tablet 1000mg = Rp350.000,-
Misalnya generik Citicoline gak ada. Adanya yang merk Takeline. Isinya sama, citicoline juga. Tapi cuma 500mg. Ya gapapa. Beli aja yang 500mg, minumnya sekali 2 tablet. Kan jadi 1000mg juga.
Harga Takelin 60 tablet 500mg = Rp120.000,- ==> Hemat sepertiganya :D

Inget, yang penting isi dan dosisnya harus sama.

Contoh 4
Menyetarakan suplemen yang isinya macem-macem
Ini trik yang tiga level lebih tinggi dari nyari-nyari generik, hahahahah! Gapapa. Sini saya ajarin caranya :D
Misal: bokap diresepin suplemen otak namanya “Forneuro”. Harganya mahal. Saya ‘pecah’ aja jadi 3 obat lain yang isinya sama, dan harganya jauh lebih miring. Namanya “Neurodex”, asam folat dan vitamin E. Nih saya ajarin caranya.

Resep dokter: Forneuro
Isinya:
- Vit B1 100 mg
- Vit B6 50 mg
- Vit B12 100 mcg
- Natural vit E 200 IU
- Folic acid 400 mcg
Harga 30 tablet = Rp112.500
Harga per tablet = Rp3.750

‘Resep’ pecahan saya:
1. Neurodex
Isinya:
- Vit B1 100 mg
- Vit B6 200 mg
- Vit B12 250 mcg
Harga: 200 tablet Rp79.000 (Rp395/tablet)

2. Vitamin E merk lain 400 IU
Harga: 60 tablet Rp30.000 (Rp50/tablet)

3. Asam folat
Harga: 100 tablet Rp10.000 (Rp10/tablet)

Harga semuanya 30 tablet = Rp13.650
Jadi harga per tabletnya = Rp455,-
Bandingin sama Forneuro yang per tabletnya Rp3.750,-. Lebih murah 8x lipat, isinya sama (yg generik malah lebih), dan dokternya oke2 aja tuh pas saya laporin :D

!!! Catatan penting: kelebihan vitamin bisa dibuang dari urin. Khusus untuk obat, selalu turuti dosis dari dokter. Inget: Cari pengganti yang isi dan dosisnya sama.!!!

Semua info ini dapetnya dari mana? Dari www.mims.com aja yang paling gampang dibaca. Mau gampangnya lagi?

6. Beli di Pramuka. Bawa resep kamu ke sana, trus tanya sama engkoh-nya: “Obat KLMNO ada generiknya gak?” Pasti langsung dikasih.


Ini salah satu toko andalan saya di sana. Namanya Sinar Sehat. So far bisa dipercaya, kok. Saya selalu beli obat di sini. Cari aja toko yang paling rame di lantai dasar.

7. Kalo obat kamu tergolong susah dicari, atau kebangetan mahalnya (misalnya obat kanker), rajin-rajinlah bergaul dengan sesama penyandang penyakit yang sama. Bisa di rumah sakit, atau di yayasan yang khusus menangani penyakit itu. Informasi obat murah juga bisa kamu dapet dari suster, atau bahkan dokternya langsung. Jangan lupa kasih senyum lebar ke mereka, ya :)

Atau, kamu ikut BPJS aja. Hampir semua obat kanker (dan juga tindakan seperti operasi, radiasi, dll semuanya) dicover pemerintah. Kamu gak perlu bayar sama sekali. Silakan cek petunjuk pendaftaran BPJS di link ini.

Semoga tips tadi membantu, ya. Semangat selalu untuk tetap sehat!

27 comments:

YasaBali said...

Cerdas sekali Mbak Widya

Widya said...

Zuper zekali bukan? :D

Yasa Bali Tour said...

Indeed...semoga di Bali ada Toko Obat seperti di Pramuka

Widya said...

Iya semoga cepet ada ya :D Kalo pun belom, coba beli generiknya ajah. Pasti jauh lebih murah. Tapi inget, dosisnya juga harus sama ya :D

Gadis mulia ni atun said...

Terima kasih info infonya

Gadis mulia ni atun said...

Terima kasih info infonya

Widya said...

Makasih udah mampir ya mbak. Seneng bisa bantu :)

Millia Eka Shanti said...

mbak Widya, merk vitamin e 400iu apa ya? setau aku nggak ada yang semurah itu.

tks,
millia

Widya said...

Hai Mbak Millia,

Merknya Xtra-e MaxVita, 400iu softgel.

Banyak dijual kok. Coba liat di https://m.tokopedia.com/healthylifestyle/vitamin-e-400-iu-plus-selenium-isi-60-tab-made-in-usa

Di web harganya variasi antara 61-83ribu. Kalo di Pramuka hanya 30ribu saja :)
Makasih udah berkunjung ya Mbak :D

niniek a.k. said...

Makasih infonya

aries sembiring said...

Apakah neurodex aman dikonsumsi jangka panjang bagi penderita diabetes?mohon infonya

Widya said...

Mas Aries Sembiring, gak ada peringatan apa-apa di kemasannya. Mestinya aman sih. Itu kan isinya cuma Vit B1 100 mg, vit B6 200 mg, vit B12 250 mcg. Kalo browsing2, minum Metformin malah bisa bikin defisiensi vit B12 ya. Berarti Neurodex bisa bantu naikin B12 lagi dong. Tapi itu teorinya sih hehe. Silakan Mas Aries diskusi lagi ke dokter, biar lebih pasti. (Saya kan bukan dokter, hehe). Kalo pun akhirnya gak jadi minum Neurodex juga gpp kok :) Oya utk referensi, harga Neurodex cuma Rp79,000/pak isi 200 tablet.

Betty Sulastri said...

Mba wid, ada rekomendasi tempat beli thalidomide tanpa resep g?
udh coba tlp sinar sehat katanya ga ada..

selvya sagala said...

Mbak Widya...dimana ya aku bisa beli takelin 500 mg oral yg murah? Sesuai info mbak

Widya said...

Jakarta? Di Pasar Pramuka, toko Sinar Sehat lantai dasar, foto yg di no 6 Mbak Selvya :D

selvya sagala said...

Aku sdh ke SinarSehat, tp justru takelin lbh mahal drpd citicolin...
Tekelin 30 pcs = 225 rb
Citicolin berno 30 pcs = 180 rb
Citicplin HJ 30 pcs = 150 rb

Maka aku tanya mbak Wydia yg 60 pcs = 120 rb.

selvya sagala said...
This comment has been removed by a blog administrator.
selvya sagala said...

Aku sdh ke SinarSehat, tp justru takelin lbh mahal drpd citicolin...
Tekelin 30 pcs = 225 rb
Citicolin berno 30 pcs = 180 rb
Citicplin HJ 30 pcs = 150 rb

Maka aku tanya mbak Wydia yg 60 pcs = 120 rb.

selvya sagala said...

Aku sdh ke SinarSehat, tp justru takelin lbh mahal drpd citicolin...
Tekelin 30 pcs = 225 rb
Citicolin berno 30 pcs = 180 rb
Citicplin HJ 30 pcs = 150 rb

Maka aku tanya mbak Wydia yg 60 pcs = 120 rb.

Widya said...

Kalo milligramnya sama dan murahan citicoline ya beli citicoline aja mbak xD

Widya said...

Justru itu emang generiknya, berno sama HJ kan? :)

Papa Arif said...

asam folat kupakai merk nufolic Rp 8000/strip 10 tab
masih kemahalan

di blog mbak Asam folat Harga: 100 tablet Rp10.000 (Rp10/tablet)
ini merk apa ya mbak

Papa Arif said...

trus Vitamin E merk lain 400 IU
Harga: 60 tablet Rp30.000 (Rp50/tablet)

tolong kasih tahu merk apa aza?

mochamad elan kridalaksana said...

Cerdas sekali.. cm masih ragu karna takut mba.. td bru nebus obat brainact 500grm 550rb d apotek.. bsa abis 10hari.. tekor.. aman ga sih mba klo pke citicoline ato takelin.. dr 2 itu bagusan mana ya? Mksh mba

mochamad elan kridalaksana said...

Cerdas sekali.. cm masih ragu karna takut mba.. td bru nebus obat brainact 500grm 550rb d apotek.. bsa abis 10hari.. tekor.. aman ga sih mba klo pke citicoline ato takelin.. dr 2 itu bagusan mana ya? Mksh mba

Maulana Ali said...

Saya punya brainact cito oral tablet Ada 15 strip bagi peminat yg ingin bisa hubungi say di 082299436667 Ali . Thx

Maulana Ali said...

Saya Ada stok brainact 500mg kalau minat mas . Exp 2019 15 strip 1 box says kasih 400 rb kalau minat free ongkir. 082299436667 Ali

Popular Posts