Thursday, May 11, 2017

Minum Melphalan Lagi (dan Ekstrak Ikan Gabus)

Sejak 15 April, Ibu resmi minum Melphalan lagi. Pasalnya, Lonjakan-M di grafik SPEP masih tinggi. Padahal udah minum Thalidomide juga. Berarti belom efektif. Harus tambah obat lain.



Lenalid sebenernya oke. Bisa turun tuh Lonjakan-M. Sayang, Ibu alergi. Kulitnya jadi merah semua. Dan gatal. Bahkan mukanya sampai bengkak. Matanya jadi kecil.

Hmmm. Padahal dulu nggak gitu lho. Waktu almarhum Bapak masih ada, Ibu oke aja minum Lenalid.

Berarti memang kondisi psikologis sangat berpengaruh pada treatment, ya. Tuh buktinya. Tadinya gak apa-apa, sekarang jadi apa-apa.

Dan seperti yang sudah-sudah, saya khawatir komponen darah ibu turun lagi kalo pake Melphalan. Tapi ya sudah. Opsi kita cuma itu. Yuk berdoa, mudah-mudahan kalaupun turun, cuma sedikit aja. Mudah-mudahan Allah jaga terus kesehatannya. Dan kasih yang terbaik dunia akhirat. Aamiin yra.

Alhamdulillah pas kami nyari Melphalan di Dharmais juga gampang. Mungkin lagi ada stoknya. Dharmais tidak menerima resep dokter luar. Harus resep dokter Dharmais. Siloam Semanggi MRCCC biasanya juga ada Melphalan, tapi nomor teleponnya susah sekali dihubungi.

Untuk mengantisipasi darah ibu turun, saya membuat ekstrak ikan gabus dengan menggunakan presto.

Nih ikannya.



Serem, ya, hehe. Tapi jangan salah. Ikan gabus sangat besar manfaatnya bagi MMer. Kaya albumin, dan bisa meningkatkan Hb. Bagus juga untuk persiapan kemo. Dan membantu menjaga nutrisi secara umum. Sehari ekstraknya diminum 50-100ml.

Banyak sekali jurnal ilmiah yang mengungkap peran penting albumin dalam perjalanan penyakit MM. Intinya, makin tinggi albumin, makin baik bagi MMer. Silakan Google "albumin multiple myeloma".

Buat info saja, harga serum albumin di RS Rp725.000. Itu ukuran 50ml alias separuh botol ASI. Yang sebotol 100ml harganya Rp1.500.000... Belom biaya tambahan RS... Mending bikin sendiri kan :D

Mau beli yang kapsul? Hmm. Sebaiknya tetap yang buatan sendiri. Soalnya, yang kapsul sudah melalui berbagai proses. Pengeringan jadi bubuk, penambahan penstabil dan pengeras supaya jadi bentuk kaplet, pengawet, dan lain-lain. Khasiatnya jadi berkurang sih.

Atau, beli aja dari temen yang suka bikin. Yang udah terpercaya, ya. Jangan sembarangan dari internet. Belilah dari orang yang kamu udah tau mereka pasti bener dan serius bikinnya. Memperhatikan kualitas ikan, kebersihan saat mengolah, dan teknik penyimpanan. Itu paling utama.

Lumayan. Dari satu kilogram daging ikan, saya dapat 250ml ekstrak. Saya taruh di botol kaca untuk ASI :))) jadi berasa aneh.. Biasanya yg saya tuang di situ ASI, sih :))) mana teknik penyimpanannya di kulkas pun sama pulak :)) alhamdulillah, memang ilmu apapun selalu berguna di saat-saat yang lain, ya xD

Yang ingin membuat ekstrak ikan gabus di rumah, ini langkah-langkahnya.

Resep ini menggunakan panci presto. Kalo gak punya, bisa pakai panci susun. Tapi caranya beda. Nanti ada link video-nya di bawah.

RESEP EKSTRAK GABUS DENGAN PANCI PRESTO

Bahan dan alat
- Ikan gabus segar, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis/jeruk purut/jeruk lemon
- Jahe
- Panci presto
- Potato press (pemeras kentang)
- Kain kasa besar
- Gelas ukur besar / wadah berparuh dari kaca, biar gampang tuang-tuang
- Botol kaca ASI

Cara membuat
1. Masukkan daging ikan gabus ke dalam presto. Beri irisan jahe secukupnya. Tutup.
2. Masak selama 30-40 menit (dihitung dari uap keluar dan sumbat ditutup).
3. Buka presto. Tuang air ekstrak ke dalam gelas ukur/wadah berparuh. Lalu tuang ke dalam botol ASI.
4. Ambil sejumlah daging matang, bungkus dengan kasa, lalu peras dengan potato press ke dalam gelas ukur/wadah berparuh. Tuang ke botol ASI.
5. Tunggu hingga dingin, lalu minum atau masukkan ke kulkas.

Tips
- Ikan hidup lebih baik. Minta potong di tempat. Beri es batu agar tetap segar sepanjang perjalanan ke rumah.
- Kukus kain kasa agar steril sebelum memeras.
- Rebus/kukus botol kaca dan tutupnya agar steril sebelum dipakai.
- Tak punya panci presto? Pakai panci susun. Cara bikinnya langsung klik VIDEO MBAK SETIA.
- Botol kaca ASI bisa dibeli online, atau kalau di Jakarta, di Pasar Pramuka lantai 2, Jakarta Timur. Pakai Go-Jek juga bisa.


Alright, biar lebih dapet feel-nya, nih gambar-gambarnya.

Ikan gabus

Jahe

Presto

Panci susun

Potato press

Kain kasa besar

Gelas ukur yang ada paruhnya

Botol kaca ASI 100ml

Selamat membuat ekstrak gabus :D


**Ibu saya memiliki multiple myeloma sejak tahun 2011, dan rutin kontrol di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat. Silakan klik menu "Multiple Myeloma" untuk melihat postingan terkait MM. Semoga kita bisa saling mengenal dan saling menguatkan :D

1 comment:

isha nanti said...

Hallo mba, sy sdh mengisi google documentnya, bisa minta nomer yg bs dihubungi mba ? Makasih ini nomer wa sy mb 085741855353 sy ishananti

Popular Posts