Wednesday, February 4, 2015

Yay! Me Goes Syar'i

Setelah sekian lama pengen, akhirnya sekarang kesampean juga pake jilbab syar’i panjang-panjang begini :D

Tadinya sempet ragu, khawatir, dikarenakan hal-hal teknis dan remeh-temeh. Tapi menurut gue itu penting!

Anehnya, ini rasanya bener-bener mirip sama kekhawatiran gue 10 tahun lalu pas ragu-ragu mau pake jilbab atau nggak. Persis banget :)

Okay. Here goes daftar ketakutan gue:

MAU PAKE HIJAB SYAR’I TAPI…

1. Gue ngejar-ngejar metromini sama kopaja. 

Gue pengen cantik, tapi belom sebanyak duit kayak Inneke Koesherawati atau Lyra Virna yang kemana-mana naik mobil pribadi disupirin. Naek mobil cakep, turun juga masih cakep. Gue naek metromini sama kopaja. Pas naek cakep, pas turun langsung jadi jelek. Percuma kalo pake baju cakep-cakep! Ntar juga jelek lagi. Apalagi panjang-panjang gini. Ntar di jalan keburu keringetan. Ngejar-ngejar sambil lari pula. Apa kabar pake rok panjang? Belom kalo mau naik bus, masuknya tinggi banget dan harus angkat rok. Betis kemana-mana. Sampe di dalem, rok bakal kotor kena lantainya. Ujung rok nglewer-nglewer di bawah pas duduk. Mesti digimanain??

Kayak gini kayaknya susah kalo ngebis.

2. Jalanan Jakarta jahanam banget. Apalagi trotoarnya.

Kesenjangan jarak antara konblok satu dengan yang lain di permukaan trotoar Jakarta terlalu besar. Bahkan gak terukur pake koefisien Gini. Buanyak banget tanah-tanah nongol di trotoar karena konblok-konblok pada kosong, diambilin entah oleh siapa. Got-got gede menganga di sepanjang jalan. Gue bisa aja kepeleset dan kejeblos di situ, dan ujung rok gue yang cantik bakalan item coklat-coklat. Belom kalo ada tukang jualan kaki lima. Tambah sempit. Pergerakan kalo pake rok panjang itu terbatas, tauk! You are expected to walk gracefully like a princess! Mana bisa di trotoar kaya gituuu X-(

Ya gini lah trotoar kita sehari-hari.

3. Apalagi kalo hujan.

Ah elah ribet deh. Rok panjang aja udah ribet. Yah kita semua tau lah ribetnya kalo ujan. Bawa payung, plastik, sendal jepit, celana kotor, macem-macem.

Byur! Byur! Byuurr!

Ckckck. Syaitonirojim emang ya. Adaaa aja alesannya.


TAPI TERNYATA, PAS DIJALANIN…

Everything was eeeasy breezy!


1.   Metromini dan kopaja ternyata gak seserem itu :D Truth is, there is nothing wrong with getting around with them pake baju syari. Naik, ya naik. Turun, ya turun. Takut betis keliatan? Pake celana aladin, dong. Yang ujung mata kakinya agak gembung dikit (bukan celana aladin yang tipe gembungnya gede banget sepanjang kaki kayak balon ya). Jadi betis lo gak akan ngebentuk. Kalo pake legging masih terlalu ketat. Bentuk betis lo bakal masih keliatan. Tapi kalo pake celana aladin aman. Rok lo juga bentuknya gak keganggu kok. Tetap cakep. Cuma 30 ribu aja. Gue beli sampe selusin. Sayangnya gak diskon. Gue belinya satu-satu sih T_T (Maap kak duitnya baru ada segitu jadinya nyicil belinya.)

Lho. Kok ni orang makenya buat celana luaran?? Apa gue yang salah make, ya?!!
Terus masalah rok. Gue inget pernah ngomong ke temen, dia bilang iket ujungnya pake karet gelang tukang sayur biar gak ribet. Tapi, menurut gue, kalo dibuka ntar lipetan-lipetannya jadi ngebekas. Dan bakalan jelek banget. Dia bilang, sengaja emang. Biar bodoh. Ffft. (Note: Ini nih emang pembicaraan gak penting yang looping endlessly tipikal gue dan temen-temen gue.)

Tapi akhirnya, pas naik gue juga bodo amat. So what kalo ujung rok gue kotor dikit. Yang penting (insyaAllah) bukan kena *sori* tokai. Cuman pasir-pasir dan tanah-tanah doang. Heck, Nabi aja shalat jidatnya kena lumpur, kok pas masjidnya belom jadi. Lagian, kotornya pun ternyata gak kotor-kotor banget. Bahkan nyaris gak ada :D Yaaay! This problem solved! Sayang gak ada yang motoin gue pas lagi ngebis.

We're friends now. As we've always been :')
Tunggu. Trus masalah naik cakep turun jadi jelek gimana?
Tenaang. Kan ada inovasi terobosan bernama “Bedak” dan “Lipstik”. Atau “Lipgloss”. Cukup kok.

Keringetan kan tapi?
Gak sampe kuyup ini. Bawa ganti aja selembar kalo takut bau.

Lari-lari ngejar bus? Kan pake rok!
Aaah gak masalah tuh alhamdulillah :D Gue tetap bisa lari, dan abangnya juga pada baik-baik kok. Kamu pasti ditungguin. (Mostly karena mereka butuh setoran juga sih :p)

You know what, satu hal yang masih gue suka lakuin tiap hari sejak pake dress-dress, rok dan kerudung panjang gini adalah: LARI MENAIKI JEMBATAN PENYEBERANGAN. Gue lari. Beneran. Sepanjang jalan setapak yang nanjak itu gue bener-bener lari. Cepet lagi. (Jadi ceritanya, dari dulu gue kalo naik jembatan penyeberangan emang selalu lari. Soalnya kalo jalan biasa jadi tambah lama, dan tambah capek. Itu kan tangga-tangga kecil gitu. Nguras tenaga. Lari lebih enak. Lebih cepet kelar urusan gue sama si penyeberangan itu.)

THIS, ladies and gentlemen, is my running track.
Apa? Dinilai gak pantes? Mau ngelarang gue lari? Heh. Aisyah aja LOMBA LARI sama Nabi. Gak cuma sekali pula. Trus kenapa gue gak boleh?

2.   Trotoar Jakarta. Okay. Ini emang udah di luar kekuasaan kita. Jadi yah, jalannya di aspal aja. Hahaha! dipasrahin aja. Jalan aja di aspal. Ikhlasin aja. Mau diapain lagi. Jalannya di aspal aja. Akhirnya kadang gue jalan di aspal. Just like everybody else. Dan ternyata, SURPRIIISE! Meski diwarnai kesenjangan konblok dan got-got yang menganga, jalan di trotoar ternyata gak bikin rok jadi kotor! Bahkan hampir-hampir gak ada! Wiiii!

3.   Pas ujan? Angkat dikit aja roknya. Udah pake celana aladin ini. Aman. Gak perlu khawatir lagi. Dan lagi-lagi, ternyata gak ribet sama sekali tuh. Itu semua cuma kekhawatiran yang alhamdulillah terbukti gak kejadian. Gue pake sepatu apapun pas ujan, rok gue tetep aman tanpa kecipratan :D

Now I see that there’s nothing to be afraid of :D

Dan oh ya. Entah apa, tapi sejak gue pake kerudung panjang-panjang ini, gue jadi gak khawatiran lagi. Gue kayak, ok guys let’s do it! (ngomong sama kerudung dan rok panjang)

Kalo pun ntar rok gue kotor, ya bukan salah gue ini. Bukan salah siapa-siapa juga. Emang gak ada yang salah juga kok. Sejak kapan baju kotor dibilang salah? Kalo pun kotor, bisa digosok pake air, trus dibekep tisu biar cepet kering. Macem-macem lah caranya. You’ll find a way :)

Kesimpulannya:
  1. Akan selalu ada yang bisikin kita untuk gak jadi melakukan hal-hal baik. Adaaa aja. Nah. Kalahin tuh. Inget lagunya Bimbo. “Berbuat baik janganlah ditunda-tunda…”  Itu lagu paling bener sedunia wal akhirat. Kalo ditunda, yang ada gak bakal kesampean. Sampe lamaaa banget. 
  2. Deal with your fear. Face it.

Satu lagi. Motto "Kalo gak sekarang, kapan lagi?” seharusnya dipake untuk hal-hal baik yang nambah pahala. Siapa tau besok lo isdet. Who knows?

Smile! :D  Oh ya, gue yang ijo.
Have a nice day, people.
--

Baca juga: Why I Went Syar'i

No comments:

Popular Posts