Tuesday, December 23, 2014

Tips Mempersiapkan Kunjungan ke Dokter

Karena pertemuan dengan dokter biasanya berlangsung singkat, ada baiknya kamu mempersiapkan hal-hal yang ingin kamu konsultasikan supaya pertemuannya berjalan maksimal.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan sesi konsultasi ke dokter.

1. Tulis semua gejala yang kamu rasakan. Termasuk kapan mulainya dan kapan jadi makin parah/jadi mendingan.

2. Tulis semua nama obat yang kamu konsumsi. Termasuk vitamin dan suplemen.

3. Tulis penyakit atau kondisi medis lain yang kamu miliki. Kalo kamu ada anemia, hipertensi, alergi, atau larangan mengkonsumsi suatu obat, ini bisa kamu infoin ke dokternya.

4. Bawa hasil-hasil lab sebelumnya. Ini penting supaya dokter bisa tau kondisi badan kamu dan progres penyakit kamu udah sampe mana. Kamu juga bisa tanyain kalo ada yang gak ngerti. Kamu bisa bawa hasil cek darah, USG, CT Scan, MRI, dan lain-lain yang berhubungan dengan penyakit yang dikonsultasikan.

5. Bawa keluarga atau teman. Mereka bisa bantu kamu pas nanya-nanya dan gali info lebih dalem ke dokternya. Atau saat harus ngambil keputusan.

6. Tulis daftar pertanyaan yang mau kamu ajuin. Ini penting biar gak ada yang ketinggalan, dan gak ada penyesalan saat sampai di rumah.


Tips memperkaya daftar pertanyaan:

  1. Rajin-rajin cari info tentang penyakit kamu. 
  2. Googling juga arti hasil lab kamu. 
  3. Tanyakan kemungkinan-kemungkinan yang akan bisa terjadi ke depannya. 
  4. Tanya juga apa dampaknya jika kamu melakukan/tidak melakukan/menggunakan/tidak menggunakan/mengkonsumsi/tidak mengkonsumsi XYZ (yang berhubungan sama penyakit kamu). 
  5. Kalo belom tau sakit apa, coba baca posting ini buat ngecek kemungkinan penyakit kamu. Atau posting ini untuk inspirasi pertanyaan.

No comments:

Popular Posts