Thursday, April 2, 2015

Pengalaman Kedua ke THT

Kali ini gue mau cerita sedih.

Semalem gue bawa Nafisa ke dokter THT.

Dia memang punya masalah di kuping. Kotorannya gak keluar, dan belakangan ini Nafisa suka bilang kuping kanannya sakit. Kalo pas lagi mandi, atau lagi jalan-jalan, Naf juga suka nyumbat kuping pake jarinya, trus dilepas lagi, trus disumbat lagi, kayak buat ngecek pendengaran.

Sebelumnya kita udah pernah ke THT, sekitar Agustus 2014. Waktu itu di RSPI sama dr. ES. Dokternya perempuan. Udah tua. Udah eyang-eyang.

Waktu itu, karena Nafisa gak mau dibersihin, akhirnya cuma disenterin aja, trus dikasih obat tetes carbol glycerine 3 tetes tiap malem sebelum tidur, selama 3 hari.

Abis ditetesin, beberapa minggu kemudian keluar sih, tapi cuma sedikit. Dan masih banyak banget yang masih gede di dalem.

Ayahnya sih berani ngambilin, tapi gue gak berani. Pernah sih sekali gue ambil berapa hari lalu, trus Naf ngeluh sakit. Abis itu nyokap gue mulai 'rame'. Tau sendiri kalo nenek-nenek udah mulai rame soal cucunya. Makanya mending ke THT.

Kebetulan di THT Ciranjang ada dr. ES itu juga. Harapan gue, karena udah tua dan perempuan, bisa anggep kayak cucu sendiri, dong. Jadinya sayang. Tapi ternyata... :'(

Dari awal pergi emang kerasa gak bener banget.

Ayahnya gak setuju. Pingin kitanya dulu yang coba bersihin. Kita sempet adu argumen. Trus Nafisa muntah smpe dua kali. Pertama sebelum berangkat. Kedua di dalem taksi. Ribet banget. Sampe balik lagi ke rumah buat ganti baju.

Pas akhirnya udah di jalan, macetnya ampun-ampunan. Gara-gara flyover Tendean-Kuningan. Dari keluar Duren Tiga udah macet.

Trus tau-tau, Nafisa pingin pup! Waduh! Masjid udah kelewat. Akhirnya kita numpang toilet di gedung Blue Bird. Selama perjalanan ke sana, Naf bilang terus-terusan 'mau pup'. Tapi gue tenang-tenangin. Sesampainya di gedung Blue Bird, eeeh Naf gak jadi pup. Trus malah ngaca-ngaca, hahahaha. Anak cewek ya :D

Trus lanjut perjalanan. Macet banget. Dari rumah jam 4. Sampe THT Ciranjang jam 6 kurang. Jam setengah 7 kita masuk.

Pas masuk, dokternya negor sih, "Waah anak cantiik,"

Gue udah agak lega dokternya manis-manisin, soalnya Naf udah mulai gak mau-gak mau.

Trus Nafisa kan ngeliat botol alkohol di tembok yang biasa buat cuci tangan. Gue ajak lah Naf cuci tangan. Maksud gue kan pengen nenangin dulu, karena Naf udah bilang gak mau-gak mau. Eh, dokternya ngeliatin gue dengan pandangan, 'Ngapain sih ni ibu-ibu...'

Bete dong gue. Namanya bawa anak ya mesti ditenangin dulu dong anaknya. Kayak terkesan gak sabar gitu. Huh.

Abis Naf cuci tangan, dokternya langsung nyuruh duduk di kursi periksa.

Salahnya gue, gue LUPA BILANG MAU KONSUL DULU AJA. GAK USAH TINDAKAN kalo emang kotorannya bisa keluar sendiri.

Padahal dari rumah udah gue inget-inget untuk tunda tindakan sebisa mungkin kalo emang kotorannya bisa keluar sendiri dengan obat tetes. Tapi di sana gue tau-tau jadi lupa. Dan jadi nurut aja sama dokternya.

Gue duduk mangku Naf di bangku itu. Naf udah bilang gak mau.... Tapi.... Ah sedih deh :'(  Gue gak sanggup ngetik.... Pingin nangis...

Gue langsung diminta ngebekep tangan Naf.... (Ya Allah gue nyeseeel banget)

Susternya megangin kepala Naf. Dokternya langsung nyenter trus ngevakum kuping kiri Naf. Gue agak dikerasin sama susternya, "Ibu tahan kaki anaknya pake dengkul Ibu!"

Pas dipegangin, Naf nangis.... Dan gue juga pingin ikut nangis... Anak gue dibekep tangan kaki kepala udah kayak apaan.... Gue sedih banget....

Dan gue gak pernah sama sekali.... Gak pernah sekali pun.... Maksain Nafisa ngelakuin hal-hal yang dia gak mau.... Apalagi nahan fisiknya kayak gini... Ini pasti traumatik banget buat dia...  :'(

Akhirnya kotoran dikeluarin pake pinset. Lumayan sih, separuh kuku jari. Abis kuping kiri, kursi gue diputer biar gantian kuping kanan yang dibersihin.

Dokternya langsung ambil pinset lagi, trus kotorannya dikeluarin. Yang ini gedenya juga separuh kuku jari. Naf sempet nangis pas diambil kotorannya. Mungkin agak sakit, ya.

Prosesnya gak gitu lama, sih. Tapi, selama itu dokternya gak ngomong apaa kek gitu yang nenang-nenangin anak gue. Susternya juga. Bener-bener kayak, yang penting kerjaan gue cepet selesai. Semua mukanya pada gak child-friendly. Gue inget bahkan pas gue baru duduk dan Naf nangis, dokternya malah pasang tampang, 'Paling males deh kalo dapet anak kecil nangis. Mending cepet gue kelarin deh.'

Dan pas udah kelar, dokternya bilang dengan suara kenceng ke anak gue, "Udah dah dah dah dah, udah udah udah!"  Kayak marahin orang.

Abis itu pun dia diem aja, langsung balik ke kursinya, dan nulis-nulis. Gak berusaha hibur anak gue kek, gimana kek.

Gue coba tanya-tanya ke dia lagi tentang sumbatan di kuping ini. Jawabannya: "Harusnya sebelum kesini ditetesin obat dulu jadi saya gampang ngambilnya. Kan saya udah bilang gitu, kan?"  Lah kapan bilangnya? Lo pernah telfon gue? Ngeselin banget.

Udah gitu dia pake komentar, "Itu ingus-(anak)nya dilap dulu deh, nanti masuk ke mulut lagi!" dengan muka nyuruh. (!!)

.....

Bener-bener gak nyangka....

Gue ngerasa bersalaaah banget sama Naf. Salah banget dibawa ke dokter ini dan ke tempat ini.

Pas kita udah di luar ruang praktik, Nafisa masih nangis, sambil bilang, 'Saaakiit.. saaakiit...' bikin gue parno.

Dan dia jadi gak percaya sama gue. Gue gendong gak mau. Dia nahan. Gue ajak kemana gak mau. Ini gak mau, itu gak mau.

Dia udah gak percaya sama gue :'(

Itu sih konsekuensinya memang. Gue tau. Gue udah ngerasa. Karena dia merasa gue udah ngeboongin dia, dan maksa dia ngelakuin hal yang dia gak suka. Dan gue ikut berperan di situ. Gue ikut ngebekep dia.

I lost my daughter's trust  :'(

I'm no longer the one she feels she's the safest with.

Buat mereka yang bilang gue lebay, sini gue kasih tau.

Gue sangat menghargai Naf. Gue menghormati setiap keputusannya layaknya gue menghargai seorang dewasa.

Kalo gue pengen dia melakukan sesuatu, gue akan bikin dia melakukan itu dengan senang hati. Gue akan kasih pengertian dan mengajak sama-sama. Kita lakuin sama-sama. Tapi kalo dengan pengertian itu dia tetep gak mau, ya udah. Gue gak akan paksa. Apalagi kalo gak urgent. Kalo gak membahayakan jiwa, ya gue gak akan paksa. Gue gak akan bikin omongan atau perbuatan yang ngungkit-ungkit, ngujuk-ujuk, atau memaksa secara fisik supaya dia melakukan itu.

Dan gue bisa bilang cara ini berhasil.

Naf menghargai gue balik. Naf sangat nurut dan sangat percaya sama gue. Sangat percaya.

Dia ngerti bahwa gue selalu pengen kasih yang terbaik buat dia.

Tapi malem tadi..... Malem tadi gue berasa udah kehilangan itu :'''(

Gue sediiih banget...

Nafisa pun sedihnya lama.

Di klinik nangisnya lamaaa banget sampe 1 jam baru berhenti pas taksi dateng.

Di taksi dia diem aja. Mukanya nelongso. Kayak sedih gitu lah...

Dia kayak stres... kaget... ga nyangka dia dipaksa dan dibikin nangis... ga nyangka diginiin sama gue... ga nyangka gue bisa gituin dia...  :'(

Pas masih di klinik gue udah minta maaf sama Naf. Gue bilang, sambil nyusuin, 'Mamah minta maaf ya Naf, tadi tetap dibersihin kupingnya. Mamah pingin Nafisa sehat, gak sakit lagi.' Gue juga berusaha memahami rasa takutnya. Gue bilang, 'Mamah ngerti tadi Nafisa ngerasa takut dipegangin sama Mamah dan susternya, tapi itu maksudnya supaya Nafisa gak kena alatnya, karena berbahaya, bisa sakit.' (Naf mulai nangis pas gue ngomong gini.)

'Kalo Nafisa belom mau dibersihin kupingnya, lain kali kita gak usah ke dokter ya Naf. Kita bersihinnya pake tetes aja, biar kotorannya keluar sendiri.'  Alhamdulillah Nafisa mengiyakan solusi itu sambil mimik :'(

Alhamdulillah sih Nafisa keliatan mau ngerti... Dan udah mulai percaya sama gue lagi... Tapi tetep, di taksi dia terlihat sedih.

Kehilangan kepercayaan dari anak gue, yang tadinya sangat amat percaya sama gue, itu rasanya periiih banget :'(

Pas di Brawijaya, gue tunjukin lampu-lampu tiang flyover yang ganti-ganti warna, dia cuma bilang, 'Iya, liat,' (Padahal biasanya dia yang laporan panjang duluan.) Trus baru deh pas udah sampe Kemang, ngeliat perosotan dan terowongan playground KFC, Nafisa mulai mau ngomong duluan. (Padahal biasanya ceriwiiis banget, hiks)  Abis itu gue ajak ngomong Spiderman yang di Plaza Kemang 88, dia udah lumayan keliatan seneng.

Pas udah agak lama mau ngobrol-ngobrol lagi, Nafisa ngomong, "Nafisa kupingnya abis diapain?"  Alhamdulillah, gue sih nangkepnya, dia udah gak apa-apa. Berarti dia udah bisa nerima dan mahamin kejadian THT tadi. Pertanyaan itu maksudnya adalah dia pingin kita nge-review lagi kejadian tadi. Kayak nyeritain ulang lah.

Dan pas kita sampe rumah, turun dari taksi, Nafisa semangat banget mau ceritain kejadian tadi ke Uti :')  Alhamdulillah, insyaAllah dia udah gak apa-apa.

Sampe rumah pun Naf udah ceria lagi. Apalagi pas ketemu ayahnya :')

Tapi, malemnya masih belom mau jauh-jauh dari gue. Gue bangun sedikit, Naf ikut bangun dan minta mimik lagi. Cuma sekali aja dia mau balik badan, itu juga pas udah mau-mau pagi.

Pagi ini sebenernya gue masih pingin di rumah, gak kerja. Masih pingin nguatin lagi kepercayaan Nafisa ke gue. Tapi gue harus beli obat buat bokap. Hari ini abis semua.

Gue udah kasih pengertian ke Naf, dan alhamdulillah dia ngerti, kok. Pagi ini pun Naf sarapan sama ayahnya. Alhamdulillah nafsu makannya udah naik lagi karena udah sembuh demam batpilnya.

InsyaAllah nanti sore pulang kerja bisa full sama Naf and regain her trust.

Pelajaran pentingnya adalah, laen kali:

  1. Jangan paksa anak!
  2. Selalu minta pendapat ke anak, dan hormatin pendapat itu!
  3. Kalo kepaksa harus ke dokter THT, cari yang khusus anak aja di RSIA. Kata temen gue, di sana banyak mainan untuk pengalih perhatian, ruangannya lebih menyenangkan, dan dokternya akan ngebaik-baikin anak lo. Sangat child-friendly lah.
  4. Pilih dokter muda. Kalo kepaksa cuma ada yang tua, jangan yang cewek. Gak sabaran dan judgmental banget sama ibu-ibu muda. (Dua kali ke dokter eyang-eyang cewek semuanya judgmental.)

Popular Posts